Cara Memasak Tempe yang Enak, Bukan Resep Kaleng-Kaleng Nih!

Cara Memasak Tempe yang Enak, Bukan Resep Kaleng-Kaleng Nih!

Pengen tau cara memasak tempe yang super enak? Begini nih caranya.

Tempe emang jadi makanan favoritnya orang Indonesia. Karena rasa dan kandungannya yang berguna bagi tubuh.

Namun bosen gak sih kalau masaknya cuma gitu-gitu doang? Cobain deh rasa dengan cara memasak tempe rahasia di bawah ini.

Tempe penyet

Tempe penyet Tempe penyet (masakapaya.com)

Siap-siap rasakan tempe yang nendang-nendang di mulut kamu gengs. Tempe penyet namanya, dan inilah resepnya.

Resep sambal terasi:

  • 15 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah besar (buang isinya)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 5 siung bawang merah
  • 2 sdm terasi (bakar, panggang)
  • Garam (secukupnya, kira-kira 1/2 sdt)
  • Gula merah (secukupnya, sisir)
  • Gula putih (secukupnya)
  • 1/2 sdt air jeruk limau

Cara membuat tempe penyet:

  • Goreng cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah dan tomat. Jika sudah matang, haluskan.
  • Tambahkan garam, gula merah, gula putih dan terasi yang sudah dibakar atau dipanggang.
  • Selanjutnya, haluskan lagi sambal sambil diaduk-aduk dan semua bahan tercampur rata.
  • Sambal siap dan tempe bisa dipenyet di atasnya.

Steak tempe

Steak tempe Steak tempe (fimela.com)

Kebayang gak gimana rasanya kalau tempe diolah jadi masakan steak. Duh tentunya enak banget dengan kuah khasnya. Begini caranya.

Bahan:

  • 300 gr tempe, kukus
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • tepung terigu serba guna secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu saus:

  • 3 sdm saus cabai
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • potongan tomat, jika suka

Cara buat: 

  • Lumat tempe hingga hancur selagi hangat
  • Haluskan bumbu bawang putih, merica dan garam
  • Aduk rata semua bahan tersebut bersama dengan tempe
  • Bentuk bulat-bulat pipih adonan tempe
  • Kocok lepas telur
  • Celupkan adonan steak tempe dan gulung di atas tepung terigu serba guna
  • Goreng adonan tempe berwarna hingga kecokelatan atau matang
  • Saus steak tempe: tumis bawang bombay dan tomat hingga layu. Masukkan semua saus biarkan sampai agak meletup-letup, tuang sedikit air dan masak hingga saus mengental.

Burger tempe

Burger tempe Burger tempe (resepcaramemasak.info)

Kebayang gak sih kalau dagingnya burger itu diganti sama tempe? Wah gimana rasanya? Yuk kita simak yuk.

Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 2 butir telur
  • 100 gram daging giling (tidak wajib)
  • 6 pasang roti burger
  • tepung
  • margarin
  • tomat
  • selada
  • minyak goreng
  • garam

Cara membuatnya:

  • Parut tempe secara perlahan, lalu campurkan dengan daging giling dan garam dalam mangkuk. 
  • Aduk rata dan bikin jadi lempengan.
  • Celupkan lempengan tempe pada telur. Lalu gulingkan pada tepung dan goreng hingga kecoklatan.
  • Olesi permukaan roti dengan margarin.
  • Barulah tata selada, lempengan tempe, dan di antara roti burger.
  • Jadi deh!

Nah jadi itu cara memasak tempe yang enak dan beda banget? Bikin penasaran kan rasanya... Gimana? Wanna try?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"