Cara dan Bumbu Nasi Goreng Jawa Ala Restoran, Resep Warisan Buat Kita Semua

Cara dan Bumbu Nasi Goreng Jawa Ala Restoran, Resep Warisan Buat Kita Semua

Kalo kamu suka masak, catat bumbu nasi goreng jawa di bawah, ya. Bisa buat bahan latihan, nih.

Di antara berbagai masakan khas Indonesia, nasi goreng adalah salah satu masakan khas Indonesia yang disukai di luar negeri. Dibilang unik dan cita rasanya khas. 

Padahal, masakan ini terbilang sederhana. Hanya nasi yang digoreng dalam wajan dengan bumbu-bumbu sederhana pula. Dari Sabang sampai Merauke, cara membuat nasi goreng tetaplah sama. Pun kalo ada perbedaan, nggak terlalu kentara.

Untuk perbedaan nasi goreng jawa dengan daerah lain, biasanya terletak di toping dan cara masaknya aja. Jika di daerah lain bumbu wajib ditumbuk sampai halus, di Jawa biasanya bumbu hanya dirajang tipis-tipis.

Nasi goreng Jawa (appetitesuppressantpills.co)

Sementara itu, untuk urusan toping, itu adalah selera. Setiap orang punya selera masing-masing dan kreativitas masing-masing untuk memperkaya rasa nasi gorengnya.

Untuk membuatnya, kamu pun nggak perlu usaha lebih atau kemampuan memasak di atas rata-rata, kok. Cukup beli bumbu nasi goreng Jawa di bawah. Lalu, ikuti aja petunjuk memasaknya. Mudah sekali, bukan?

Nah, kalo gitu langsung aja ya terapkan cara membuat nasi goreng di bawah. Resep warisan leluhur Indonesia, nih. Jadi, harus dilestarikan.

Bumbu Nasi Goreng Jawa

 - 1 butir telur

 - Nasi 2 piring

 - Minyak goreng

 - 4 buah cabai merah besar dirajang

 - 2 sendok teh garam

 - 4 cabai rawit

 - 2 sendok makan kecap manis

 - 5 siung bawang merah 

 - 1/2 sendok teh terasi matang

 - 2 siung bawang putih

Nasi goreng (laweekly.com)

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa

 - Pertama-tama, tumbuk sampai halus bawang merah, garam, cabai rawit, bawang putih, dan cabai merah.

 - Panaskan minyak dengan api sedang. Lalu, saat sudah panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai berbau wangi.

 - Masukkan nasi dan aduk sampai rata.

 - Masukkan kecap manis. Aduk lagi nasi dengan api yang kecil.

 - Jika dirasa warna kecap sudah berubah, kamu bisa mengangkat nasi dan meletakkannya di piring. Jangan lupa tambahkan telur atau toping pelengkap lainnya.

Tips Agar Nasi Goreng Enak

Untuk bumbu dan cara memasak nasi goreng, nggak ada perbedaan mencolok antara satu daerah dengan daerah lain. Tapi, setiap orang punya treatment dan trik khusus agar nasi goreng enak.

Menurut penulis, berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan biar nasi goreng enak. 

1. Teknik Memasak

Umumnya, untuk memasak nasi goreng dibutuhkan kompor high pressure. Nantinya bisa bikin proses masak berjalan lebih cepat dengan tingkat kematangan sempurna. 

Coba deh perhatikan tukang nasi goreng keliling, biasanya mereka menggunakan api yang sangat besar dan berisik. Itulah yang dimaksud dengan kompor high pressure.

Nasi Goreng Jawa (mysimpletricks.com)

2. Nasi

Untuk mendapatkan nasi goreng yang enak, kamu wajib menyiapkan nasi putih matang dengan tekstur pera. Artinya, saat proses menanak nasi, takaran airnya kurangi sedikit sehingga nasi bakal lebih kering dan agak keras. 

Untuk contoh paling jelas, kamu bisa bertanya pada warung nasi padang. Mereka sih biasanya menggunakan nasi ini.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai nasi goreng Jawa. Mulai dari cara membuat, bumbu yang dibutuhkan, hingga tips biar masakan terasa lezat. So, langsung aja terapkan di rumah, ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"