Cara Buat Siomay Super Enak: Awas Ketagihan!

Cara Buat Siomay Super Enak: Awas Ketagihan!

Bingung dengan cara buat siomay yang enak? Begini resep rahasianya.

Jajanan siomay emang terbilang makanan yang cukup digemari bagi semua kalangan, cocok dijadikan pengganjal perut ataupun camilan.

Namun, bagaimana sih cara buat siomay yang rasanya enak? Sebenarnya ada kok, kalian tinggal pantengin aja artikel ini.

Cara buat siomay

Siomay yang disukai banyak orang gimana jadinya kalau kamu juga bisa membuatnya sendiri? Caranya gampang kok, berikut penjelasannya.

Siomay Ayam

Siomay Ayam Siomay Ayam (Grid.ID)

Kalau biasanya siomay itu bahan bakunya dari ikan, gimana jadinya ya kalau terbuat dari bahan dasar ayam, rasanya enak juga kok, berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging ayam giling
  • 100 gr tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 3 siung bawang merah haluskan
  • 30 lembar kulit pangsit
  • Wortel parut untuk topping
  • 2 buah labu siam potong dadu
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt lada
  • 1/2 sdt garam
  • 1 buah wortel potong dadu

Langkah pembuatan:

Pertama, campurkan daging ayam, wortel, labu siam,tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, bawang daun, aduk rata. Masukkan garam, lada, minyak wijen,kecap asin, gula, dan telur, lalu aduklah sampai merata.

Siapkan pangsit, kemudian taruh adonan di tengah, dan dilipat, siapkan kukusan yg diolesi minyak atau alasin daun yang dilesi minyak, kukus selama 30 menit

Angkat, bisa langsung dinikmati atau digoreng lagi dan dinikmati dengan saus kacang.

Siomay Ikan Tenggiri

Siomay Ikan Tenggiri Siomay Ikan Tenggiri (m.vemale.com)

Kalau pengen siomay yang cita rasanya ikan kena banget, ya gunakan bahan dasar ikan tenggiri gnegs, begini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 500 gr tenggiri giling
  • 30 bh Tahu goreng
  • 10 sendok makan tepung sagu
  • Secukupnya wortel parut
  • 10 siung bawang putih haluskan
  • 1 bh bawang bombay iris memanjang
  • Seledri
  • Daun bawang
  • 1 butir telur
  • Secukupnya garam

Langkah Pembuatan:

-Campur ikan giling dengan telur

-Lalu masukan wortel bawang bombay, bawang putih, garam, daun bawang, srledri aduk hingga tercampur rata

-Terakhir masukan sagu sedikit-sedikit lalu diaduk

-Jika sudah tercampur rata, masukan ke dalam tahu goreng yg telah dibelah tengahnya

-Kalau ada sisa adonan boleh di buat bulat

-Masak dengan cara di rebus atau dikukus juga boleh. Sesuai selerakalian aja ya gengs

Siomay dimsum

Siomay dimsum Siomay dimsum (cookpad.com)

Siomay dimsum ya merupakan siomay yang dibungkus dengan kulit seperti layaknya dimsum gengs. Tentu kebayang kan gimana rasa enaknya, begini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • Kulit pangsit siap pakai
  • 200 gram daging ayam tanpa tulang
  • 200 gram udang kupas
  • 100 gram labu siam
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya lada
  • Kaldu bubuk secukupnya 
  • Wortel parut untuk topping

Langkah Pembuatan:

Potong kecil-kecil atau cincang daging ayam, udang dan labu siam. Masukkan semua bahan kecuali kulit pangsit dan wortel parut ke dalam food processor. LAlu pindahkan adonan yang sudah digiling ke dalam wadah.

Ambil selembar kulit pangsit, digunting berbentuk lingkaran. Ambil 1 sdm adonan, letakkan di tengah kulit pangsit. Lipat tepi kulit pangsit ke arah atas sambil ditekan dan dirapikan. Lakukan hingga adonan habis. Beri topping wortel parut di atas nya.

Kukus selama 30 menit, jangan lupa olesi dasar sarangan kukusan dengan minyak agar siomay tidak menempel setelah matang. Setelah jadi sajikan deh.

Nah jadi dari ketiga cara buat siomay yang ada diatas, kira-kira mana nih yang membuat kalian tertarik? Dan kalau kalian udah terbiasa membuatnya bisa jadi peluang usaha tuh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"