Cara Buat Kentang Goreng: Dijamin Auto Ketagihan

Cara Buat Kentang Goreng: Dijamin Auto Ketagihan

Begini lho cara buat kentang goreng yang super enak gengs.

Kentang goreng selalu bisa menghiasi saat-saat kebersamaan bersama keluarga, teman, atau pacar. Jadi kamu kudu bisa membuatnya.

Tapi yang jadi permasalahan adalah, gimana sih cara buat kentang goreng yang kriuk, renyah dan sama kayak di rumah makan terkenal?

Cara buat kentang goreng

Sebenarnya membuat kentang goreng kayak yang ada di warung-warung mewah itu gampang banget lho gengs. Berikut caranya.

French Fries Crispy

French Fries Crispy French Fries Crispy (Tribunnews.com)

Kentang goreng yang renyah seperti yang ada di cafe-cafe bisa kamu buat sendiri? Kebayang kan senengnya, sebenarnya caranya cuma begini lho.

Bahan-bahan:

  • Kentang
  • Secukupnya tepung serbaguna
  • Secukupnya tepung maizena
  • Air

Langkah Pembuatan:

  • Rebuslah kentang selama ±5 menit. Setelah matang, kalian siram dengan air dingin ya. 
  • Kemudian setelah kentang kering, bubuhkan tepung. Masukkan ke dalam freezer minimal 15-20 menit. Lebih lama, lebih oke.
  • Goreng dengan api panas ya. 
  • Kalau apinya nggak panas, nanti banyak menyerap minyak gitu deh. Setelah selesai tiriskan dan sajikan deh~

Kentang Goreng Bumbu Kacang

Kentang Goreng Bumbu Kacang Kentang Goreng Bumbu Kacang (Merdeka.com)

Bosen dengan cara buat kentang goreng yang gitu-gitu aja? Kayaknya kudu cobain yang bumbu saus kacang deh seperti layaknya sate.

Bahan-bahan:

  • 1 porsi sate ayam bumbu kacang
  • 4 biji kentan
  • 1 biji bawang merah, iris
  • 2 biji Cabe Merah Keriting, potong serong
  • Secukupnya Daun Bawang potong serong
  • Secukupnya Penyedap rasa jamur
  • Secukupnya Air
  • Secukupnya Minyak untuk menumis

Bahan pelengkap:

  • Irisan bawang merah secukupnya

Langkah Pembuatan:

  • Lepaskan daging ayam dari tusukan satenya. Sisihkan
  • Potong kentang sesuai selera, lalu goreng hingga matang. Sisihkan
  • Tumis bawang merah hingga harum lalu masukkan cabe merah
  • Masukkan sate ayam beserta semua bumbu kacangnya, lalu tambahkan sedikit air. Masak hingga air sedikit menyusut
  • Masukkan kentang goreng dan irisan daun bawang. Aduk rata dan koreksi rasa. Jika dirasa kurang bisa tambahkan penyedap rasa
  • Aduk hingga rata lalu angkat
  • Sajikan dengan irisan bawang merah sebagai topingnya

Kentang Goreng Keju

Kentang Goreng Keju Kentang Goreng Keju (Wikipedia.id)

Gimana rasanya kriuk dan gurihnya kentang bercampur dengan keju. Ya dibuat aja deh kentang goreng keju.

Bahan-bahan:

  • 250 gr kentang
  • 35 gr maizena
  • 35 gr keju
  • 1 batang seledri
  • Secukupnya merica
  • Secukupnya penyedap rasa
  • Sejumput garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • Saus dan mayonaise untuk cocolan

Langkah Pembuatan:

  • Potong kentang menjadi dua bagian, lalu rebus sampai empuk. Kupas kentang setelah matang.
  • Siapkan semua bahan.
  • Jika memakai merica biasa ulek dengan garam terlebih dahulu, hingga halus.
  • Masukkan kentang kukus ulek sampai lembut. Masukan maizena, penyedap rasa, seledri yang sudah diiris tipis dan keju parut. Ulek sebentar.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata menggunakan spatula. Koreksi rasa.
  • Siapkan loyang atau tempat datar untuk memipihkan adonan ratakan dengan rolling ped atau bisa ditekan-tekan mengunakan tangan hingga rata, lalu potong memanjang.
  • Panaskan minyak di atas penggorengan, goreng dengan api kecil. Goreng hingga kuning kecoklatan.
  • Sajikan dengan saos dan mayonaise.

Nah jadi itulah cara buat kentang goreng yang oke gengs, Gimana? Tertarik membuatnya di rumah? Awas, nanti ketagihan, hihihi~

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"