Bubur Kacang Ijo Kesukaan Anak, Begini Resepnya

Bubur Kacang Ijo Kesukaan Anak, Begini Resepnya

Gimana sih cara buat bubur kacang ijo yang disukain anak?

Kacang hijau seperti yang kita ketahui memiliki kandungan yang sangat baik buat anak-anak di usia tumbuh kembang moms, maka kudu gimana caranya anak mau makan tuh.

Salah satu solusinya adalah dengan dibuat bubur kacang ijo, tapi pertanyaanya, apakah anak pasti suka? Ya kalau dibuat dengan resep yang enak pasti suka deh.

Resep bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo itu sebenarnya kalau ditambahin dengan beberapa bahan yang manis, anak pasti suka lho moms, berikut contoh resepnya.

Bubur Kacang Hijau & Ketan Hitam

Bubur Kacang Hijau & Ketan Hitam Bubur kacang ijo (PengusahaSukses.com)

Kacang hijau kayaknya enak tuh kalau ditambahin sama ketan hitam, tentunya anak akan suka banget tuh, begini cara buatnya.

Bahan-bahan:

  • 50 gram kacang hijau
  • 50 gram ketan hitam
  • 65 ml santan
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 ruas jari jahe
  • 150 gram gula merah
  • 50 gram gula putih
  • 30 gram tepung ketan
  • 1/5 sdt garam
  • 1/2 sdm gula putih
  • Air bersih

Langkah Pembuatan:

Rendam kacang hijau dan ketan hitam (terpisah) minimal semalam atau maksimal 24 jam. Kemudian rendam selama 24 jam supaya lebih empuk dan proses membuatnya pun jadi lebih cepat.

Rebus kacang hijau di dalam air bersih bersama jahe yang sudah dihancurkan dan juga dua lembar daun pandan hingga mendidih (empuk).

Tambahkan tepung ketan dan gula merah yang sudah diiris kecil-kecil. Aduk hingga semua bahan di dalam air rebusan tercampur.

Rebus ketan di dalam air bersih bersama daun pandan dan gula putih hingga mendidih (empuk). Masak santan dengan 1/2 sdm gula putih dan garam hingga mendidih untuk topping. Kalau udah siap dihidangkan deh keanak dan keluarga.

Jelly bubur kacang hijau

Jelly bubur kacang hijau Jelly bubur kacang hijau (cookpad.com)

Selain itu kamu bisa selipkan bubur kacang ijo di dalam jelly gengs, biar anak suka, dibalik manisnya jelly itu ada kacang ijo yang menyehatkan.

Bahan-bahan:

  • 1 ons Kacang hijau
  • 1 bks nutrijel plain
  • 4 sdm gula putih (sesuai selera)
  • 1 ons gula merah (sesuai selera)
  • 1 bks santan sasa (boleh pake santan yg disuka)
  • 700 ml air
  • 1 bks Vanili bubuk

Langkah Pembuatan:

Rebus kacang hijau sampai empuk,tiriskan

Campurkan air dengan nutrijel plain aduk rata bagi dua

Air nutrijel

Bagian pertama dimasak dengan gula merah sampai mendidih, letakkan di cetakan, biarkan dingin.

Air nutrijel kedua

Masak dicampurkan dengan kacang hijau, gula putih, santan bubuk, vanili, masak sampai mendidih, angkat, siramkan di atas nutrijel gula merah yang tadi.

Dinginkan dan masukkan kulkas, siap dihidangkan.

Bubur kacang ijo madura

Bubur kacang ijo madura Bubur kacang ijo madura (grid.id)

Ada yang membedakan dari bubur kacang hijau madura dengan bubur biasanya, rasanya jelas lebih berwarna gitu, berikut resepnya.

Bahan-bahan:

  • 250 gr kacang hijau, rendam 1 jam 
  • 1 liter air
  • 3 cm jahe kupas, memarkan 
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 150 gr gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 liter santan 
  • 200 gr ketan hitam, rendam 2 jam 
  • 1 lembar daun pandan   
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1000 ml air 
  • 5 lembar roti tawar
  • 50 gr nangka, potong dadu 
  • 200 ml santan kental, rebus dengan sedikit garam 

Langkah Pembuatan:

-Ketan hitam: Kukus beras ketan 20 menit hingga mekar. Didihkan air, masukkan beras, daun pandan, dan garam. Masak hingga matang dan meresap, sisihkan.

-Didihkan air, rebus kacang hijau, jahe, dan daun pandan hingga lunak dan agak hancur. 

-Masukkan santan dan vanili sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan harum. 

-Sajikan bubur kacang hijau dengan ketan hitam. Beri pelengkap, sajikan.

Nah, jadi itulah beberapa resep bubur kacang ijo yang disukai sama anak-anak moms, jadi gausah bingung-bingung lagi sekarang ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"