Ayam Betutu Bali: Berikut Resep Rahasianya

Ayam Betutu Bali: Berikut Resep Rahasianya

Suka ama ayam betutu bali? Ya buat sendiri dong, begini resep rahasianya.

Pernah dengar atau pernah cobain ayam betutu Bali? Tentunya rasanya enak banget dong ya dengan bumbu khas Bali gitu.

Gimana jadinya kalau kamu bisa membuatnya sendiri dirumah? Wah tentunya bakalan banyak yang suka tuh, dan masakanmu bakal ludes. 

Bumbu Ayam betutu Bali

Sebenarnya membuat ayam betutu khas bali itu ga sulit lho gengs, kamu cuma perlu memperhatikan beberapa cara ini. Intip kuy~

Ayam Betutu Pedas

Ayam Betutu Pedas Ayam Betutu Pedas (Wikipedia.id)

Tentunya bakalan enak banget tuh kalau kamu bisa masak ayam betutu Bali yang kuahnya seger dan pedas, pasti bakalan bikin ketagihan.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor Ayam, tanpa ceker dan kepala
  • Secukupnya Minyak goreng
  • Secukupnya Gula, garam, merica, penyedap

Bahan bumbu A:

  • 15 buah Cabe rawit merah
  • 5 buah Cabe merah keriting
  • 1 jari Kunyit
  • 1 sdm Ketumbar sangrai
  • 1/2 sdm Terasi

Bahan Bumbu B:

  • 10 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 1 ruas jari Lengkuas
  • 1 ruas jari Kencur
  • 5 butir Kemiri, sangrai
  • 5 batang sereh

Langkah Pembuatan:

  • Siapkan semua bahan
  • Haluskan bumbu beri minyak
  • Bumbu halus A
  • Bumbu halus B
  • Panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu hingga harum. Beri gula, garam, lada dan penyedap. Aduk hingga rata. Cicipi rasa.
  • Kemudian masukkan ayam yg sudah dicuci bersih. Masak dengan api kecil dengan mengguyurkan bumbu ke ayam. Balikkan ayam setiap 3 menit sekali.
  • Tutup wadah panci
  • Ungkep ayam hingga bumbu berubah warna dan menyusut bumbunya.

Setelah itu tinggal kita sajikan aja deh~

Ayam Betutu Sambal Matah

Ayam Betutu Sambal Matah Ayam Betutu Sambal Matah (HalloJawa.id)

Gimana jadinya kalau gurihnya ayam betutu Bali dipadu dengan kenikmatan sambal matah bali, waduh bisa jadi spektakuler dan ngeledak-ledak di mulut tuh. Buatnya begini....

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 5 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 7 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 buah kunyit ukuran kecil
  • 2 buah jahe ukuran kecil
  • 2 buah kencur ukuran kecil
  • 1 buah lengkuas ukuran kecil
  • 1 buah laos ukuran kecil
  • 4 batang serai
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah jeruk limao
  • 4 buah kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica
  • 5 buah daun jeruk nipis
  • secukupnya Gula merah
  • secukupnya Gula pasir
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Penyedap rasa
  • secukupnya Terasi
  • secukupnya Minyak kelapa

Langkah Pembuatan:

  • Bersihkan ayam kampung kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan tambahkan garam secukupnya lalu remas remas ayam sampai terkena ke semuanya
  • Sangrai ketumbar, merica, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, laos, kencur
  • Setelah di sangrai kemudian ulek ketumbar, merica, kunyit, kemiri, jahe, lengkuas, serai, laos, kencur, terasi kemudian tambahkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, cabe merah, daun jeruk. Uleg seluruh bumbu tersebut hingga menjadi seperti gambar berikut kemudian campurkan minyak kelapa secukupnya (lebih baik di uleh jangan di blender agar memberikan tekstur warna yang menarik)
  • Setelah diuleg seluruh bumbu tersebut, kemudian lumuri ayam kampung dengan bumbu halus kemudian masukan ke dalam wajan
  • Tambahkan air secukupnya hingga menutupi seluruh bagian ayam. Masak dengan api besar dengan rentan waktu 30-45 menit
  • Masak hingga ayam kampung lunak dan seluruh bumbu meresap, kemudian tambahkan garam, gula pasir, gula merah dan penyedap rasa untuk menambah rasa gurih.
  • Setelah masak hingga daging ayam empuk, angkat dan siap sajikan

Jadi itulah beberapa bumbu dari ayam betutu Bali gengs. Jadi gimana? Tertarik membuatnya sendiri dirumah gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"