Apa Itu Susu Evaporasi? Apa Bedanya dengan Susu Biasa?

Apa Itu Susu Evaporasi? Apa Bedanya dengan Susu Biasa?

Susu evaporasi memiliki tekstur lembut ini kaya rasa, dan cocok untuk membuat kue, custard, sup, dan bahkan es krim. Susu ini awalnya berupa susu segar dan dipanaskan untuk menghilangkan lebih dari separuh air. Untuk lebih jelas soal apa itu susu evaporasi, baca artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu Susu Evaporasi?

Tekstur susu evaporasi yang kental dan mirip kental manis (blog.tokowahab.com)

Susu evaporasi merupakan susu segar yang telah dipanaskan hingga sekitar 60% kandungan airnya menguap. Setelah diuapkan, dihomogenisasi, dikalengkan, lalu melalui proses sterilisasi panas yang merupakan bagian dari proses pengalengan. Satu kaleng susu evaporasi standar berukuran 12 ons cairan, dan sebagian besar resep dikembangkan untuk menggunakan satu kaleng utuh.

Susu evaporasi tersedia dalam tiga jenis berdasarkan jumlah lemaknya: susu murni, rendah lemak, dan skim. Susu ini biasa dikemas dalam dalam kaleng agar bisa lebih awet bahkan hingga dua tahun untuk mendapatkan rasa yang maksimal. 

Untuk menggunakan susu evaporasi sebagai pengganti susu segar, tambahkan satu setengah kaleng air ke setiap kaleng susu evaporasi. Susu evaporasi encer merupakan pengganti susu yang baik dalam kopi, coklat panas, dan sereal matang seperti krim gandum atau oatmeal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"