Aneka Masakan Tempe Unik, Zaman Ini Wajib Kreatif Bray

Aneka Masakan Tempe Unik, Zaman Ini Wajib Kreatif Bray

Suka aneka masakan tempe? Senang bereksperimen pakai bahan makanan asli Indonesia ini? Coba deh masak 2 resep aneka masakan tempe di bawah.

Tempe adalah bahan makanan asli Indonesia yang sudah terkenal dan mendunia. Di daerah, kita bisa membeli dengan harga murah. Lain soal kalo di luar negeri, mahal.

Meskipun begitu, tempe di luar negeri tetaplah jadi idola. Dan di Indonesia, makanan ini adalah pelengkap yang selalu dicari saat nggak ada. 

Bisa buat cemilan, pun juga bisa digunakan sebagai pelengkap menu makan. Bagaimana dengan pembaca? Apakah juga menyukainya?

Sushi Tempe (cookpad.com)

Seiring waktu berjalan, menu masakan dari tempe terus dikembangkan. Kini, tempe nggak cuma sebagai bahan campuran sayur atau lauk teman makan aja. Ada banyak aneka masakan tempe yang bisa kamu cicipi atau coba masak sendiri.

Nah, kalo kamu pengin merasakan aneka masakan dari tempe di rumah, coba deh buat 2 resep di bawah. Dijamin bikin lidah goyang!

Steak Tempe

Untuk kata steak, yang selalu terbayang adalah olahan daging dengan siraman saus dan ditemani kentang atau sayur yang dirajang. Nah, tempe juga bisa dibuat jadi steak, lho.

Bahan membuat steak tempe: 

  • 3 sendok makan minyak
  • 1/2 balok tempe
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 butir telur
  • lada hitam bubuk
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 bungkus saus lada hitam siap saji
  • 4 siung bawang merah
  • gula dan garam secukupnya
  • ketumbar bubuk

Steak tempe (mangcook.com)

Cara membuat steak tempe:

  • Pertama, potong tempe dalam ukuran sedang dan rebus selama 10 menit.
  • Sembari menunggu tempe siap, ulek bawang putih, bawang merah, dan ketumbar sampai halus.
  • Selanjutnya, hancurkan tempe menggunakan tangan. Lumat sampai halus. Dan kalo sudah, campurkan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu ini terdiri dari garam, tepung terigu, dan gula secukupnya.
  • Lalu, bentuk adonan tempe tadi jadi pipih selayaknya steak daging. Panggang hingga berwarna coklat, angkat lalu letakan di atas piring.
  • Untuk saus, tuangkan saus lada hitam ke dalam wajan. Tambahkan irisan bawang bombay. Kamu juga bisa kok menambahkan lada hitam bubuk. Sesuai selera aja.
  • Terakhir, tuangkan saus pada steak tempe yang sudah di-platting di piring. So, sajian citra mewah dengan bahan murah siap dicicipi.

Bakso Tempe

Ini nih aneka masakan tempe yang sayang banget nggak dicoba. Ada bakso tempe, cuy! Pasti kamu pun penasaran dengan bahan dan cara pembuatannya. So, langsung cekidot aja, ya.

Bahan membuat bakso tempe:

  • Air secukupnya
  • 1 papan tempe
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 250 gr tepung sagu
  • Garam secukupnya
  • 100 gr tepung terigu
  • 3 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1 butir telur

Bakso tempe (kulinersaya.com)

Cara membuat bakso tempe:

  • Rajang tempe jadi kecil-kecil, kukus sampai empuk, lalu haluskan.
  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk rata.
  • Masukkan sedikit air es biar adonan bisa dibentuk.
  • Sembari menunggu adonan siap, rebus air dalam wajan. Tambahkan 2 sendok makan minyak sayur.
  • Bentuk adonan jadi bakso bulat, masukkan ke air mendidih. Jika bakso tempe mengapung, tandanya sudah matang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"