Aneka Bubur Manis Tradisional yang Murah Meriah tapi Enak Parah

Aneka Bubur Manis Tradisional yang Murah Meriah tapi Enak Parah

Bosan makan bubur asin? Mendingan makan bubur-bubur manis ini aja yuk!

Jadi orang Indonesia tuh enak banget ya? Orangnya ramah-ramah, alamnya luar biasa indah, ditambah lagi makanan yang enak-enak. Nggak akan ada habisnya sih kalo udah bahas kuliner nusantara. Tapi, ada satu makanan yang akan kita bahas kali ini yaitu bubur. Yup, di negara kita ini, bubur ada banyak banget jenisnya lho. Bahkan, rasanya nggak selalu asin kayak bubur ayam, tapi ada juga yang disajikan manis-manis. Apa aja sih bubur manis tradisional yang enak dan wajib kamu cobain?

Bubur sumsum

Bubur sumsum Basic tapi enaknya pecah! (craftlog.com)

Nama bubur sumsum sih udah nggak asing lagi ya? Bubur yang dibuat dari tepung beras ini biasanya dimakan sama gula merah cair dan santan. Soal rasa sih nggak usah ditanya. Udah pasti enak! Manis dan gurih dalam sekali hap. Selain yang warnanya putih, ada juga bubur sumsum hijau yang diberi tambahan daun suji dan daun pandan yang bikin jadi lebih wangi. 

Nah, kalo pengen makan dengan versi lebih meriah, bubur sumsum juga bisa disajikan bareng candil alias biji salak, mutiara, bahkan pake kacang ijo, ketan hitam, jenang, dan dawet sesuai selera deh. Bubur sumsum juga bisa dimakan panas-panas, atau tambahin es juga enak.

Bubur kampiun

Bubur kampiun Bubur manisnya Sumatra Barat nih (katalogkuliner.com)

Kalo bubur yang satu ini datangnya dari daerah Sumatra Barat. Kampiun namanya. Seporsinya terdiri dari ketan putih kukus, bubur sumsum, ketan hitam, kolak pisang atau ubi, kacang hijau, dan bubur conde atau biji salak. Wah, lengkap banget ya isinya? Biasanya, bubur ini banyak ditemukan pada bulan puasa, gengs.

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam Siapa nih tim bubur ketan hitam? (travelingyuk.com)

Nggak kalah basic, bubur ketan hitam emang jadi bubur manis favorit banyak orang. Sebenernya bubur ini sederhana dan merakyat, tapi soal rasa emang juara. Buat bikin bubur ketan hitam, kamu butuh beras ketan yang direbus sampai lembut, terus ditambah santan, gula merah, dan daun pandan.  Biasanya sih, orang makan bubur ketan hitam dicampur bubur kacang hijau juga, gengs. Murah meriah tapi enak banget!

Bubur pacar cina

Bubur pacar cina Ini lho yang namanya bubur pacar cina (cookpad.com)

Kamu tau pacar cina kan? Nggak cuma jadi topping makanan kayak es campur,  puding, kue, atau bubur sumsum, pacar cina sendiri juga bisa dibikin jadi bubur. Kamu tinggal rebus pacar cina sampe matang, lalu tambahkan gula, santan, dan daun pandan. Setelah semuanya matang dan mengental, jadi deh bubur pacar cina yang manis dan gurih. Dimakan dingin-dingin pake es lebih enak lho!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"