Alasan Orang Jepang Makan Semangka Pakai Garam, Ternyata Bikin Rasanya Lebih Manis Loh!

Alasan Orang Jepang Makan Semangka Pakai Garam, Ternyata Bikin Rasanya Lebih Manis Loh!

Selain di Indonesia, masyarakat Jepang juga terkenal dengan kekentalan budayanya yang unik bahkan terbilang aneh, salah satunya soal kebiasaan makan. Orang Jepang punya kebiasaan makan yang cukup berbeda dan jarang ditemui di negara lain. Misalnya makan semangka pakai garam.

Sebagian orang Jepang punya kebiasaan menaburkan sedikit garam ke buah semangka sebelum memakannya. Di mata orang Jepang, semangka manis yang ditaburi garam asin akan terasa lebih nikmat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kontras rasa.

Awalnya, mulut dan lidah bakal merasakan rasa asin. Tapi setelahnya akan timbul rasa manis yang kuat. Penambahan sejumput garam ini juga merupakan cara yang digunakan orang Jepang untuk membuat rasa semangka yang sebelumnya kurang manis menjadi lebih manis.

Ilustrasi Semangka (Detikcom)

Rupanya, ada beberapa penyebab kenapa taburan garam mampu membuat rasa manis dan segar dari buah semangka semakin keluar. Dikutip dari Huffington Post, semangka punya tiga unsur rasa utama yang terkandung di dalamnya yakni manis, asam dan pahit.

Walaupun rasa pahit buah semangka hampir tidak terasa saat kita memakannya, tapi rasa pahit ini yang menahan manis di dalam semangka sehingga rasanya lebih hambar. Sementara garam punya efek bisa menghilangkan rasa pahit. Jadi, cita rasa manis pada daging semangka bakal terasa lebih kuat. 

Selain itu, menambahkan garam pada semangka juga bisa membuat rasanya lebih menyegarkan. Apalagi dimakan saat cuaca panas. Ketika cuaca sedang terik, tubuh akan kehilangan banyak natrum yang dikeluarkan lewat keringat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"