Akhirnya Terjawab! Gini Temuan Peneliti Soal Manakah Yang Lebih Dulu Ada Di Dunia, Ayam Atau Telur?

Akhirnya Terjawab! Gini Temuan Peneliti Soal Manakah Yang Lebih Dulu Ada Di Dunia, Ayam Atau Telur?

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengetahui perdebatan tentang mana yang lebih dulu ada di dunia antara ayam atau telur? Selama ini, banyak orang yang mempertanyakan sampai akhirnya terjadi perdebatan sengit yang membahas masalah tersebut.

Memang banyak hal di dunia yang masih menjadi misteri karena belum ada jawaban yang pasti. Salah satunya soal ayam dan telur ini. Sejatinya, tidak ada ayam tanpa telur. Tapi tidak ada pula telur tanpa ayam. Lantas seperti apa jawabannya?

Rupanya, peneliti pernah memberikan jawaban soal pertanyaan tersebut. Dikutip dari Bored Panda, peneliti dari Universitas Bristol dan Universitas Nanjing, China, meyakini kalau ayam adalah yang pertama ada di dunia dibandingkan telur.

Perdebatan Soal Ayam Dan Telur Yang Duluan Ada Di Dunia (IDN Times)

Masalah ini dibahas dalam studi berjudul 'Retensi embrio yang diperpanjang dan viviparitas pada amniota pertama' dalam jurnal Ekologi & Evolusi Alam yang dipublikasikan pada 12 Juni 2023. Para peneliti mempelajari 51 spesies fosil dan 29 spesies hidup.

Beberapa di antaranya ovipar atau bertelur dan beberapa di antaranya vivipar atau melahirkan. Para ilmuwan dari Universitas Bristol pun menemukan bahwa semua cabang evolusi besar Amniota, yaitu Mammalia, Lepidosauria (kadal dan kerabatnya) dan Archosauria (dinosaurus, buaya, burung) mengungkapkan viviparitas dan adanya perpanjangan retensi embrio pada nenek moyang mereka.

Secara sederhana, reptil awal yang menjadi nenek moyang ayam sudah ada sebelum mereka berevolusi untuk bisa bertelur. Jadi sebelum bertelur, reptil tersebut melahirkan anak. Jadi, reptil melakukan proses Extended embryo retention (EER) yang berarti induk menahan bayi untuk waktu bervariasi sebelum melahirkannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"