Agar-Agar Sebenarnya Terbuat dari Apa Sih? Apakah Ada Kandungan Nutrisinya?

Agar-Agar Sebenarnya Terbuat dari Apa Sih? Apakah Ada Kandungan Nutrisinya?

Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari gelatin. Gelatin sendiri berasal dari tulang dan kulit hewan. Kulit dan tulang hewan tertentu direbus, dikeringkan, diolah dengan asam atau basa kuat, dan akhirnya disaring hingga kolagennya terekstraksi. Kolagen kemudian dikeringkan, digiling menjadi bubuk, dan diayak untuk membuat gelatin. Selain terbuat dari tulang dan kulit hewan, ada pula agar-agar yang terbuat dari sari rumput laut. 

Bahan Lain dalam Agar-Agar

Sementara gelatin yang memberikan tekstur kenyal pada agar-agar, jeli atau agar-agar kemasan juga mengandung pemanis, zat penyedap, dan pewarna. Pemanis yang digunakan dalam jeli atau agar-agar biasanya adalah aspartam, pemanis buatan bebas kalori, atau gula.

Perasa buatan sering digunakan dalam jeli. Ini adalah campuran kimia yang meniru rasa alami. Sering kali, banyak bahan kimia ditambahkan hingga profil rasa yang diinginkan tercapai.

Pewarna makanan dalam jeli bisa alami atau buatan. Karena permintaan konsumen, beberapa produk sekarang dibuat dengan pewarna alami, seperti jus bit dan wortel. Namun, banyak jeli masih dibuat dengan pewarna makanan buatan. Misalnya, Strawberry Jell-O mengandung gula, gelatin, asam adipat, perasa buatan, dinatrium fosfat, natrium sitrat, asam fumarat, dan pewarna merah.

Karena ada banyak produsen jeli dan banyak produk yang tersedia, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang ada di dalam produk agar-agar atau jeli yang kamu beli adalah dengan membaca bahan-bahan pada label.

Agar-agar warna warni (lifestyle.okezone.com)

Manfaat Agar-Agar Bagi Kesehatan

Gelatin mungkin bermanfaat bagi kesehatan. Gelatin mengandung kolagen, yang telah diteliti dalam beberapa penelitian pada hewan dan manusia. Kolagen dapat berdampak positif pada kesehatan tulang. Selain itu, gelatin dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Sementara agar-agar rumput laut merupakan sumber yodium terbaik, yang membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Rumput laut juga mengandung vitamin dan mineral lain, seperti vitamin K, vitamin B, seng, dan zat besi, serta antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. 

Intinya, baik agar-agar yang terbuat dari gelatin maupun rumput laut, keduanya sama-sama bagus untuk kesehatan. Asalkan tidak memiliki kandungan gula yang tinggi, pewarna buatan, dan kandungan kimia pendukung. Jadi, rajin-rajin cek daftar komposisi-nya ya!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"