5 Tips Mudah Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama Bisa Sampai 6 Bulan

5 Tips Mudah Menyimpan Stroberi Agar Tetap Segar dan Tahan Lama Bisa Sampai 6 Bulan

Buah stroberi banyak digemari karena rasanya yang manis segar dan serbaguna. Selain bisa dikonsumsi segar, stroberi juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk kue hingga diolah menjadi minuman. Tapi stroberi termasuk buah yang memiliki masa simpan pendek. 

Buah yang tinggi kandungan vitamin C-nya ini mudah busuk jika cara penyimpanannya kurang tepat. Meski begitu, stroberi juga bisa tahan lama bila disimpan dengan baik. Lantas bagaimana cara menyimpan stroberi agar tahan lama? Simak penjelasan berikut!

1. Jangan Cuci Stroberi

Ilustrasi Stroberi (Kompas)

Stroberi sebaiknya tetap dibiarkan kering atau tidak dicuci sebelum disimpan sampai kamu siap menggunakannya. Sebab, buah ini cenderung menyerap air dan itu akan membuat daging buahnya menjadi lembab dan lunak sehingga memicu tumbuhnya jamur yang menyebabkan pembusukan. Jadi sebaiknya, simpan stroberi sekering mungkin.

2. Lapisi Wadah Penyimpanan

Simpan stroberi di wadah tempat kamu membelinya atau bisa dipindahkan ke penyimpanan lain. Namun disarankan untuk melapisi bagian bawah penyimpanannya dengan kertas atau handuk bersih. Ada alasan tertentu mengapa dibutuhkan alas bersih di wadah penyimpanan itu.

Sebab, hal ini akan membantu stroberi tetap kering dan segar selama disimpan. Kamu juga bisa menutup lagi bagian atas stroberi menggunakan kertas atau handuk. Selanjutnya, tutup wadah untuk menyimpan stroberi hinga benar-benar rapat agar tidak tercemar. 

3. Jangan Buang Batang Stroberi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"