5 Tips Freezer Hack Biar Makanan Segarmu Lebih Tahan Lama

5 Tips Freezer Hack Biar Makanan Segarmu Lebih Tahan Lama

Makanan yang disimpan di dalam kualitas nutrisi kualitas nutrisinya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pandemi Covid-19 bikin banyak orang borong makanan. Memenuhi freezer dengan kebutuhan pribadi dan keluarga.

Banyaknya bahan makanan yang masuk kulkas, bikin kita juuga harus tahu gimana cara yang tetap menyimpan setiap jenis makanan. Supaya bahan makanan itu tahan lama. Ada bahan makanan yang perlu di simpan di freezer dan gak usah dimasukkan freezer.

Berikut ini adalah 5 Kulkas Hack yang bisa kamu gunakan supaya bahan makananmu tahan lama.

1. Sayuran Segar

Sayuran segar (northgwinnettcoop.org)

Membekukan sayuran adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sayuran segar meski udah lama disimpan. Ternyata nih gengs, sayuran akan lebih baik keadaannya kalau direbus dulu sebelum masuk freezer. Cukup unik memang freezer hack sayuran ini.

"Ini membantu meminimalkan degradasi produk dan meningkatkan masa simpan di dalam freezer," kata Lauren Harris-Pincus, RDN, penulis The Protein-Packed Breakfast Club.

Bisa mencegah sayuran teroksidasi dengan menghentikan reaksi enzim yang mengacaukan rasa dan kualitas ketika disimpan.

Kamu gak perlu merebus semua sayuran sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Sayuran yang paling baik untuk direbus dan dibekukan termasuk kacang hijau, brokoli, bawang, asparagus, kecambah Brussels, paprika, wortel, wortel, jagung (tidak dimasak), zucchini, squash, dan sayuran berdaun gelap.

2. Buah Segar

Cara terbaik untuk menyimpan buah segar ke dalam freezer adalah dengan membersihkannya dan memotong jadi bagian kecil. Pastikan buah-buahan kering sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Untuk mencegah terbentuknya kristal es.

Untuk mencegah irisan buah saling menempel, letakkan irisan dalam satu lapisan pada loyang dan bekukan sampai padat. Pindahkan pada wadah-wadah kecil, misalnya satu porsi yang kamu butuhkan saat makan.

3. Soup

Soup (seriouseats.com)

Sup bisa bertahan sekitar tiga bulan di dalam freezer. Jadi kamu bisa bikin soup dalam jumlah yag banyak. Kalau males bikin sedikit-sedikit.

Freezer hack untuk menyimpan soup adalah pastikan untuk menyimpan dalam wadah satu porsi dan hilangkan udara sebanyak mungkin.

"Pastikan sudah dingin sebelum dimasukkan ke dalam freezer untuk mencegah freezer terbakar," kata Harris-Pincus. 

4. Telur

Tampaknya menyimpan telur itu mudah ya gengs. Tapi ada cara-cara tertentu agar bisa disimpan di dalam freezer dalam waktu yang lama. Telur bisa di simpan dalam freezer.

Caranya, keluarkan telur dari cangkangnya terlebih dahulu. Jangan sama kulitnya ya gengs. Keluarkan isi telur dan simpan di dalam wadah khusus. Baru masukkan ke dalam freezer.

5. Roti



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"