5 Teh Termahal di Dunia, Harganya Bikin Nangis Darah

5 Teh Termahal di Dunia, Harganya Bikin Nangis Darah

Teh adalah minuman tradisional yang dimiliki hampir seluruh budaya negara di dunia. Ada banyak sekali jenis teh, tapi dari semuanya itu, ada lima jenis teh yang harganya sangat amat mahal.

Harganya bisa sangat fantastis dikarenakan proses pembuatannya yang sangat panjang, usianya, rasa, dan kualitas tehnya yang langka. Nah, sudah penasaran belum? Kalau sudah, berikut ini 5 teh termahal di dunia yang harganya bikin pengen nangis:

1. Teh Tieguanyin - Rp53,9 juta Per Kilogram

Teh Tieguanyin, berasal dari abad ke-19 di provinsi Fujian, Tiongkok. Nama teh ini diambil dari nama dewa Buddha, Dewi Pengasih Besi. Pengolahan teh Tieguanyin rumit dan melibatkan serangkaian langkah termasuk pelayuan, penggulungan, oksidasi, dan pemanggangan. 

Proses yang cermat ini sangat penting dalam mengembangkan aroma bunga dan buah khas teh, serta sedikit rasa pahit yang menyenangkan. Kualitas teh Tieguanyin sangat dipengaruhi oleh daerah asalnya, khususnya Kabupaten Anxi di Provinsi Fujian, Tiongkok. Kondisi iklim yang unik dan komposisi tanah di wilayah ini berkontribusi signifikan terhadap cita rasa teh yang berbeda.

Teh Tieguanyin (glo.glo.co.id)

2. Vintage Narcissus - Rp116 juta Per Kilogram

Vintage Narcissus, yang juga dikenal sebagai "Shui Xian", adalah teh oolong yang sangat dihormati dari Pegunungan Wuyi di Tiongkok. Namanya diambil dari karakter mitologi Yunani Narcissus, yang terkenal karena kecantikannya. Yang teh ini spesial adalah proses penuaannya. 

Beberapa teh ini dapat berumur lebih dari 50 tahun, yang secara signifikan meningkatkan rasanya. Proses penuaan ini mirip dengan proses penuaan pada anggur berkualitas, membuat teh menjadi lebih kaya dan kompleks seiring berjalannya waktu. Teh ini terkenal dengan rasanya yang dalam dan kuat. Ini sering kali menampilkan profil kompleks dari aroma coklat, kayu, dan bunga dengan rasa pedas yang halus. 

Rasa Vintage Narcissus berkembang seiring bertambahnya usia, membuat setiap batch menjadi unik. Karena proses penuaannya yang lama dan perawatan yang diperlukan dalam budidayanya, Vintage Narcissus langka dan bernilai tinggi. Ini dianggap sebagai barang mewah di dunia teh, dicari oleh para kolektor dan penikmat. 

3. Kantong Teh Berlian Tips PG - Rpp244 juta per kantong teh

Kantong Teh Celup Berlian PG Tips adalah kantong teh celup mewah yang berpadu dengan tradisi. Teh ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ke 75 merek teh Inggris PG Tips.

Kantong teh ini dibuat dengan tangan secara rumit dan dihiasi dengan 280 berlian indah 2,56 karat, menjadikannya bukan hanya produk teh tetapi juga sebuah perhiasan yang bagus. Teh yang disimpan di dalam kantong teh bertatahkan berlian ini pun tak kalah mewahnya. 

Mengandung daun Silver Tips Imperial Tea, yang dibudidayakan di Makaibari Tea Estate di India, yang terkenal dengan teh berkualitas tinggi. Rantai emas putih halus yang melekat pada kantong teh memudahkan pembuatan bir dengan tetap mempertahankan estetika mewahnya.

Meskipun kantong teh adalah simbol kemewahan, namun tujuannya mulia. Hasil penjualan teh celup bertabur berlian ini digunakan untuk menggalang dana bagi Rumah Sakit Anak Royal Manchester.

4. Teh Kotoran Panda - Rp1,1 miliar per kilogram



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"