5 Makanan Khas Sukoharjo Yang Unik Dan Wajib Dicoba, Nomor 4 Sangat Populer Di Jakarta

5 Makanan Khas Sukoharjo Yang Unik Dan Wajib Dicoba, Nomor 4 Sangat Populer Di Jakarta

Kabupaten Sukoharjo mendadak jadi perbincangan bahkan sampai trending di Twitter dan Google. Rupanya, hal ini karena warganet membahas mengenai Sukoharjo yang disebut sebagai wilayah pelosok. Tapi terlepas dari itu, banyak hal menarik yang bisa diulas dari Sukoharjo.

Salah satunya tentang makanan khas. Daerah yang berdekatan dengan Kota Solo ini memiliki kuliner-kuliner khas yang unik dan berbeda dari daerah lainnya. Bahkan ada sajian khas Sukoharjo yang juga populer di Jakarta. Apa saja makanan khas Sukoharjo itu? Scroll ya!

1. Alakathak

Makanan Sukoharjo - Alakathak (Libur.co)

Alakathak merupakan kuliner khas asli dari Sukoharjo. Mungkin buat orang sebagian orang yang tinggal di luar daerah tersebut, makanan ini terdengar asing. Namun Alakathak sangat terkenal di Sukoharjo dan banyak disukai di sana. Alakathak adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar tempe dan mi yang dibuat dari tepung kanji. 

Kedua bahan itu diolah sedemikian rupa dan diberi tambahan aneka bumbu khas. Setelahnya, campuran itu dibungkus dengan daun jati yang masih hijau sehingga terasa kesan tradisional yang sangat kental. Alakathak dijual di pasar-pasar tradisional, jika di Sukoharjo makanan Alakathak banyak ditemui di Pasar Weru.

2. Soto Carikan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"