5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Makan, Apa Kamu Salah Satunya?

5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Makan, Apa Kamu Salah Satunya?

Kuliner Indonesia dari Sabang sampai Merauke sangatlah beragam. Hampir setiap daerah memiliki warisan sajian khasnya masing-masing yang turut menjadi bagian dari budaya setempat. Nggak hanya citarasa Nusantara yang dikenal variatif, rupanya cara makan orang Indonesia juga sama unik dan beragamnya. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan ungkapan "belum makan rasanya, jika belum makan nasi". Walaupun sudah makan kentang rebus satu bakul, tetap saja anggapannya itu hanya cemilan belaka. Setuju nggak?

Selain kebiasaan wajib makan dengan nasi, ternyata masih banyak lho kebiasaan makan unik masyarakat Indonesia! Penasaran? Simak rangkumannya berikut ini!

- Rasanya hambar tanpa sambal

Aneka Sambal Khas Nusantara (Medium)

Lidah kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya sambal. Setiap daerah di Indonesia memiliki menu sambal yang khas. Mulai dari sambal terasi dari Jawa Barat, sambal dabu-dabu khas Manado, sambal matah dari pulau Bali, dan masih banyak macam lainnya. Seakan tidak bisa makan tanpa sambal, bahkan seringkali turis asal Indonesia repot-repot membawa stok saus sambal di koper ketika berlibur ke luar negeri.

Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap makanan pedas turut melahirkan sejumlah inovasi menu kreatif yang mengombinasikan olahan sambal. Sebut saja sejumlah makanan, seperti Ayam Keprabon, Super Penyet, dan Geprek Boss yang gencar diburu penggemarnya karena rasa pedasnya yang super 'nendang'! Baru denger namanya aja, sudah kebayang kan rasa nikmat dan pedasnya?

- Kerupuk jadi teman makan terbaik

Entah kamu sadari atau enggak, rata-rata orang Indonesia harus makan ditemani kerupuk. Dan ternyata, bagi para penggemar kebiasaan ini, sensasi renyah serta gurih dari kerupuk dapat menambah nafsu makan. Umumnya, kerupuk ditemukan sebagai pelengkap berbagai sajian seperti bubur, opor, soto ayam, gulai, ataupun nasi goreng.

- Makan bersama terasa lebih nikmat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"