Kisah Gereja St. Paul Malaka, Diduga Ada 60 Jasad Terkubur dan Darahnya Masih Mengalir

Kisah Gereja St. Paul Malaka, Diduga Ada 60 Jasad Terkubur dan Darahnya Masih Mengalir

Gereja St. Paul menjadi sebuah warisan milik UNESCO yang berlokasi di Kawasan Red Square Malaka, Malaysia. 

Dibangun oleh Kapten Fidalgo seorang bangsawan Portugis pada 1521, gereja ini merupakan bentuk dari terima kasihnya Bunda Maria karena sudah menyelamatkannya dari badai laut.

Berlokasi di puncak Bukit St. Paul, gereja Katolik tertua se-Asia Tenggara ini memiliki kondisi yang memprihatinkan.

Saat masuk ke dalam gereja, terdapat patung St. Francis Xavier yang merupakan seorang misionaris dan dulu sempat bertugas di Malaka. Lalu di balik patung, terdapat bangunan gereja utuh serta beberapa ruang untuk menyimpan benda bersejarah.

Kisah aneh dari gereja St. Paul di Malaka (thepoortraveler.com)

Sekilas, gereja tersebut mirip dengan Ruins of St. Paul yang ada di Macau. Namun setelah rusak karena invansi Belanda di Malaka, gereja tersebut diperbaiki ketika Inggris menguasai Malaysia. Lalu, gereja tersebut beralih menjadi tempat ibadah dan memiliki gudang penyimpanan.

Yang membuat gereja itu unik, adalah dengan adanya susunan batu nisan yang merupakan milik makam para bangsawan Belanda dan Portugis.

Keunikan lain dari gereja itu ialah bagian tangan kanan patung St. Francis Xavier tidak lagi utuh. Konon, katanya saat jenazah dipulangkan ke India pada tahun 1614, jasadnya masih segar seperti awal dimakamkan di Malaka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"