Ini Alasan Orang Indonesia Suka Nonton Film Horor

Ini Alasan Orang Indonesia Suka Nonton Film Horor

Film KKN:Di Desa Penari menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film horor yang tayang tahun 2021 silam itu ditonton lebih dari 10 juta orang Indonesia di bioskop. Film horor memang jadi magnet bagi masyarakat pencinta film. 

Kesukaan orang Indonesia dengan film horor membuat perkembangan industril film horor di Indonesia berkembang cukup pesat. Setiap bulannya minimal ada dua film horor Indonesia yang tayang di bioskop. Hal ini menandakan pasar film horor Indonesia cukup baik. Lalu kenapa sih orang Indonesia suka banget nonton film horor?

Mengutip dari CNN Indonesia pengamat film dan budaya populer, Hikmat Darmawan mengatakan bahwa orang Indonesia sangat suka dengan film yang mengangkat cerita horor lokal. Horor juga kadang dijadikan kritik terhadap kehidupan sosial masyarakat di Indonesia.

Orang Indonesia Suka Film Horor (Beritaindonesia.hk)

Tahun 2000-an industri film horor di Indonesia mulai bergairah setelah mati suri. Adalah film Jelangkung yang tayang tahun 2001. Jelangkung adalah permainan gaib yang dekat dengan masyarakat Indonesia. Makanya orang Indonesia ramai-ramai menonton film karya sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo.

Juga ada beberapa film horor yang mengangkat soal mitos atau urban legend di sebuah daerah. Bahkan film-film horor Indonesia yang menampilkan hantu-hantu lokal seperti kuntilanak dan pocong juga menjadi santapan masyarakat Indonesia dikarenakan dua sosok gaib itu cukup dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

Sebut saja film-film horor Indonesia yang mengusung tema hantu kuntilanak beberapa di antaranya Kuntilanak (2006), Kuntilanak 2 (2007), Kuntilanak 3 (2008), Keranda Kuntilanak (2011), Mangkujiwo (2020), dan Mangkujiwo 2 (2023).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"