HOROR! Perempuan Cantik Berkebaya Hitam Konon Sering Muncul di Sumur Kuno yang Baru Ditemukan di Klaten

HOROR! Perempuan Cantik Berkebaya Hitam Konon Sering Muncul di Sumur Kuno yang Baru Ditemukan di Klaten

Benda purbakala atau tempat peninggalan sejarah seringkali dikaitkan dengan kejadian-kejadian mistis. Hal ini lantaran benda maupun tempat yang berasal dari zaman kuno, biasanya terbengkalai dan menjadi saksi sejarah kelam zaman peperangan.

Di Dukuh Kropakan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah misalnya. Sebuah penemuan benda purbakala atau objek diduga cagar budaya (ODCB) berbentuk sumur terjadi sekitar Desember 2022 lalu. 

# Penemuan Sumur Kuno di Lahan Pengrajin Batu Bata Merah

# Penemuan Sumur Kuno di Lahan Pengrajin Batu Bata Merah Tim peneliti sedang meneliti sumur kuno yang ditemukan di Klaten (solopos.com)

Sumur tersebut ditemukan oleh salah seorang warga dukuh Kropakan yang bernama Semi (50 tahun). Ia yang setiap harinya membuat bata merah selama belasan tahun, tanpa sengaja menemukan sumur kuno di lahannya.

Tadinya, ia hanya memanfaatkan lahan tegalannya untuk mendapatkan bahan baku bata merah. Ketika ia menggali sedikit demi sedikit sampai kedalaman 3 meter, cangkulnya tiba-tiba terantuk benda keras beberapa kali. Setelah digali hati-hati, ternyata terdapat sumur kuno di tanah yang ia gali.

"Saya sudah lama menggali tanah ini, untuk membuat batu bata merah. Di sini sering saya temukan batu bata merah ukuran besar,” kata Semi.

Penemuan tersebut kemudian ia laporkan ke Komunitas Pemerhati Cagar Budaya (KPCB) Klaten dan ke Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Klaten.

Menurut Hari Wahyudi, Humas KPCB Klaten, sumur tersebut diduga peninggalan era Mataram Kuno abad 8 sampai 9. Hal itu terlihat dari struktur batu bata merah yang super jumbo, dan temuan lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"