Dihuni Hantu Belanda dan Ada Kamar Bekas Bung Karno, Benarkah Rumah Dinas Gibran Rakabuming Angker?

Dihuni Hantu Belanda dan Ada Kamar Bekas Bung Karno, Benarkah Rumah Dinas Gibran Rakabuming Angker?

Loji Gandrung  adalah bangunan yang dijadikan rumah dinas Wali Kota Solo . Saat ini berarti Gibran Rakabuming mendapatkan fasilitas untuk tinggal di rumah itu. Namun sepertinya anak sulung Presiden Jokowi ini tidak menetap di sana karena hanya digunakan untuk bertemu beberapa tamu saja.

Menurut beberapa informasi Loji Gandrung dibangun sejak ratusan tahun lalu di masa pendudukan kolonial Belanda. Makanya pertama kali yang tinggal di rumah itu adalah orang Belanda dengan jabatan yang cukup mentereng di Solo, Jawa Tengah.

Meskipun rumah berukuran luas ini identik dengan bangunan Belanda namun terdapat juga pernak-pernik khas Jawa yang berada di beberapa sudut bangunan. Misalnya di halaman belakang rumah terdapat rumah joglo yang biasa digunakan untuk kegiatan yang banyak mengundang beberapa orang.

Dihuni Hantu Belanda dan Ada Kamar Bekas Bung Karno, Benarkah Rumah Dinas Gibran Rakabuming Angker (Kompas Regional)

Setelah Indonesia merdeka, tentu bukan orang Belanda lagi yang menempati rumah tersebut. Presiden pertama Soekarno pernah tinggal di Loji Gandrung. Bahkan di rumah itu terdapat satu kamar yang selalu ditinggali Bung Karno setiap datang ke Solo. Konon sampai sekarang belum ada orang yang berani tidur di dalam kamar bekas peninggalan Bung Karno karena dianggap mengandung sisi mistis.

Wali Kota Solo pun banyak yang pernah tinggal di Loji Gandrung. Salah satunya Presiden Joko Widodo ketika menjadi Wali Kota Solo dari tahun 2005-2012. Menurut mitos yang beredar ketika orang datang ke Loji Gandrung dan berfoto di ruangan di dalam Loji Gandrung terdapat keanehan. Misalnya hasil foto mendadak tidak jelas karena tertutup sosok makhluk halus hingga wajah si orang itu jadi tidak terlihat.

Cerita lain pernah diungkapkan salah satu penjaga Loji Gandrung bernama Sutarto. Konon pada malam-malam tertentu kerap muncul sosok hantu pria Belanda berpostur tinggi besar menampakan diri. Sementara petugas lain bernama Wagino mengatakan pernah mimpi aneh ketika tidur di Loji Gandrung. Ia bermimpi dikejar anak-anak kecil yang belum jelas kemunculan anak kecil dari mana.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"