Bangunan dengan Sebutan Gedung Setan di Yogyakarta, Kini Berubah Jadi Destinasi Wisata

Bangunan dengan Sebutan Gedung Setan di Yogyakarta, Kini Berubah Jadi Destinasi Wisata

Belanda telah menjajah Indonesia selama 3,5 abad sehingga mereka banyak meninggalkan bangunan-bangunan bersejarah, termasuk di Yogyakarta.

Bangunan-bangunan Belanda itu pun diberi sebutan loji oleh masyarakat sekitar. Salah satu loji tertua di Yogyakarta ialah Benteng Vredeburg. Dan kini, tempat tersebut menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi para turis dari luar kota. 

Di dalamnya, ada banyak ilustrasi perjuangan rakyat Yogyakarta yang melawan penjajah. Loji-loji di benteng tersebut berdiri sejak tahun 1776 sehingga disebut sebagai loji besar.

Loji Setan di Benteng Vredeburg Yogyakarta (cnnindonesia)

Apabila diteusuri ke dalamnya, turis akan melihat loji lainnya yakni loji kebun, dimana loji ini dipakai oleh petinggi Jepang bernama Koochi Zimmukyoku Tyookan.

Lalu ada pula wilayah yang memiliki gereja yang berdiri sejak lama seperti gereja Protestansche Kerk dan gereja Fransiskus Xaverius yang keduanya diberi sebutan loji kecil.

Tetapi, dari sekian loji yang ada di Vredeburg, ada loji yang terkenal angker. Bangunan tersebut bahkan tak diketahui kapan dibangunnya oleh penduduk asli Yogyakarta sehingga sampai saat ini, loji tersebut diberi nama ‘loji setan’.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"