Ini Dia Rahasia Mengapa Bangunan Belanda Bisa Kokoh Sampai Sekarang

Ini Dia Rahasia Mengapa Bangunan Belanda Bisa Kokoh Sampai Sekarang

Jejak kolonialisme Belanda di negara kita masih bisa dirasakan sampai saat ini. Contohnya seperti serapan bahasa handdoek, kantoor, bahkan wortel merupakan serapan dari bahasa belanda.

Selain itu, masih banyak pula jejak Belanda yang tertinggal seperti bangunan-bangunan yang masih kokoh berdiri.

Umumnya, bangunan-bangunan Belanda yang tersisa dijadikan sebagai kantor pemerintahan. Walaupun sudah dirubah khas ‘kebelandaannya’, tapi saat dilihat langsung, kita bisa menandai siapa mendirikan bangunan tersebut.

Berbagai hal yang membuat bangunan Belanda bisa tetap kokoh hingga saat ini (via kaskus)

Gaya arsitektur ala Eropa yang menjadi ciri khasnya pun sulit dihilangkan begitu saja. Selain estetika, bangunan tersebut biasanya dibangun dalam jangka waktu yang lama. Lantas, apa yang membuat bangunannya bisa bertahan sampai saat ini?

# Arsitektur

Para arsitek Belanda biasanya dikenal dengan sifat yang disiplin, terutama saat merancang bangungan infrastruktur. Mereka gak hanya membangun untuk kepentingan prestise saja. Tapi juga disesuaikan dengan fungsinya.

Penentuan bahan baku juga bisa terbilang ketat karena prinsipnya, bangunan terbaik adalah bangunan yang menggunakan bahan baku terbaik. Jadi, gak heran kalo banyak sisa bangunan Belanda yang masih bertahan lama sampai saat ini.

# Bahan Baku

Arsitek Belanda seringkali menggunakan racikan semen sendiri yang menjadikannya sebagai bahan baku berkualitas tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"