6 Fakta Lagu Nina Bobo yang Ada Kaitannya dengan Hantu Anak Kecil

6 Fakta Lagu Nina Bobo yang Ada Kaitannya dengan Hantu Anak Kecil

Lagu Nina Bobo dikenal sebagai lagu untuk meniduri anak kecil. Para orangtua mempercayai jika lagu itu dinyanyikan maka buah hati akan cepat tidur dan tertidur dengan nyaman. Padahal di balik Nina Bobo ada cerita yang menyeramkan terkait kemunculan hantu anak kecil. Berikut 6 fakta tentang lagu Nina Bobo.

Lirik Lagu

Lagu Nina Bobo memiliki lirik lagu yang cukup sederhana. Alhasil banyak orangtua yang senang menyanyikan buah hatinya. Lirik awalnya seperti ini: Nina bobo, oh nina bobo, kalau tidak bobo, digigit nyamuk. Tetapi seiring perkembangan zaman, lagu ini dikemas dengan lirik yang panjang. Misalnya seorang pencipta lagu anak-anak bernama Kak Nunuk yang membuat lirik lagu ini jadi semakin bermakna.

Nina bobo, oh nina bobo 

Kalau tidak bobo, digigit nyamuk

Nina bobo, oh nina bobo

Kalau tidak bobo, digigit nyamuk

Nina bobo, oh nina bobo

Hari sudah malam terkabut intan

Nina bobo, oh nina bobo

Bulan kan menjagamu, tidurlah sayang

Kalau tidak bobo, mimpi tak datang

Tidurlah agar pagi cepat menjelang

Tidurlah agar pagi cepat menjelang

Pencipta Lagu

Tau gak siapa pencipta lagu Nina Bobo? Kabarnya lagu Nina Bobo diciptakan oleh seorang pria Belanda yang merupakan seorang composer klasik bernama Van Rodjnik. Van Rodjnik adalah ayah dari seorang anak perempuan bernama Helenina yang dipanggil dengan nama Nina. Van Rodjnik menciptakan lirik untuk buah hati tercinta.

Fakta Lagu Nina Bobo (Haibunda.com)

Lagu untuk Membuat Anak Tidur

Fakta lagu Nina Bobo memang diciptakan untuk Nina yang sulit tidur. Nina lahir pada 1871 di Indonesia. Ia memiliki ayah orang Belanda dan ibu asal Indonesia bernama Mustika. Mustika merupakan seorang penari.

Menurut cerita yang berkembang, Nina kerap alami kesulitan tidur pada malam hari. Lalu ibunya memutar otak mencari cara agar putrinya bisa tidur. Mustika pun bersenandung dengan nada lagu Nina Bobo namun belum ada liriknya. Kemudian si suami menciptakan liriknya. Setelah sering dinyayikan lagu itu, Nina jadi gampang tidur.

Nina Meninggal Dunia

Saat usia Nina 6 tahun, anak perempuan satu-satunya itu meninggal dunia. Nina meninggal karena sakit yang parah. Orangtua Nina sangat terpukul dengan kematian buah hatinya. Meski sudah meninggal, orangtua Nina masih saja menyanyikan lagu Nina Bobo untuk mendiang Nina yang sudah tidur untuk selama-lamanya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"