5 Hantu Asli Indonesia, Tapi Mereka Gak Sepopuler Pocong dan Kuntilanak

5 Hantu Asli Indonesia, Tapi Mereka Gak Sepopuler Pocong dan Kuntilanak

Sebutkan hantu asli Indonesia paling terkenal? Tentu pocong dan kuntilanak masuk dalam daftarnya. Padahal selain pocong dan kuntilanak masih ada loh sosok makhluk halus yang hanya ditemukan di Indonesia. Hantu-hantu ini kurang familiar oleh masyarakat Indonesia. Hantu-hantu apa saja?

Banyu

Banyu adalah makhluk halus yang jadi penunggu di beberapa sungai di daerah Kalimantan. Banyu kerap muncul dari dalam permukaan air. Wajah banyu putih pucat dan berambut panjang. Saat menampakkan diri, banyu hanya muncul wajahnya saja sembari melihat-lihat calon korbannya.

Biasanya korban-korban banyu adalah orang-orang yang sedang berenang di sungai. Banyu tak segan untuk menenggelamkan korbannya dan dijadikan tumbal. Korban-korban dari banyu sulit ditemukan setelah tenggelam di sungai.

Hantu Asli Indonesia (Okezone Travel)

Onggo-inggi

Onggo-inggi adalah makhluk gaib yang sepintas mirip dengan banyu karena sama-sama menghuni sungai. Onggo-inggi konon tinggal di dalam sungai dan akan naik ke permukaan air jika sedang mencari korban yang dijadikan tumbal. 

Menurut kesaksian beberapa orang, onggo-inggi ini berwujud kepala berambut panjang. Rambut panjang itu digunakan untuk melilit korbannya. Tak terlihat bentuk tubuhnya yang lain. Onggo-inggi juga berkulit pucat dengan gigi yang memiliki bagian taring yang mencuat keluar. Salah satu sungai yang dipercaya menjadi rumah bagi sosok ini ada di Bengawan Solo, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Matianak

Matianak disebut mirip dengan kuntilanak. Matianak menjadi hantu yang populer di Pulau Bawean, Jawa Timur. Menurut kisahnya, matianak adalah hantu yang dulunya adalah wanita yang meninggal saat hamil. Maka arwah wanita itu gentayangan dan muncul dengan nama matianak.  Apabila kuntilanak suka mengganggu ibu hamil, matianak senang mengganggu remaja pria.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"