Wow! Pria Jepang Ini Dapat Bayaran Fantastis Padahal Gak Melakukan Pekerjaan Apa-apa, Kok Bisa?

Wow! Pria Jepang Ini Dapat Bayaran Fantastis Padahal Gak Melakukan Pekerjaan Apa-apa, Kok Bisa?

Seorang pria asal Tokyo, Jepang bernama Shoji Morimoto mendadak jadi sensasi karena berhasil mengembangkan bisnis untuk tidak melakukan apa pun. Pria 38 tahun ini hanya bertugas untuk menemani klien sebagai 'teman'. Menariknya, dalam satu kali pertemuan, dia memasang tarif Rp1 juta. 

Bisnis ini sendiri dimulai Shoji pada Juni 2018 silam. Ketika itu, dia menawarkan jasa untuk tidak melakukan apapun melalui cuitan di Twitter-nya, @shojimorimoto. “aku membuka jasa sewa diri, sebagai orang yang tidak melakukan apa pun,” begitu tweet-nya.

Shoji Morimoto menjabarkan kalau dia bisa membantu orang saat kesulitan masuk toko ataupun membantu menjaga tempat duduk. Dia mengatakan tidak bisa melakukan apa pun kecuali yang mudah. Awalnya, pria yang kini dikenal dengan sebutan Rental-san ini menawarkan jasanya secara gratis. 

Tapi permintaan semakin membludak selama pandemi Covid-19. Bahkan mencapai angka 4.000 orang dalam empat tahun terakhir. Shoji Morimoto akhirnya memutuskan untuk memberikan harga tiap sesi yakni jasa sewa sebesar 10 ribu yen atau sekitar Rp1 juta. 

Shoji Morimoto (Kompas)

Meski begitu, sekitar seperempat dari kliennya merupakan pelanggan tetap, bahkan ada yang sudah menyewa Shoji sampai 270 kali. Adapun keputusannya untuk menyewakan jasa tidak melakukan apapun ini bermula saat banyak orang menyebutnya sebagai sosok yang kurang inisiatif. 

Shoji Morimoto dinilai tidak punya semangat kerja sampai akhirnya gonta-ganti profesi. Hingga pada 2018, Shoji resmi menganggur. Ayah satu orang anak ini lantas mendapat pencerahan kalau mungkin tidak melakukan apa-apa adalah kemampuannya yang utama. 

“Banyak orang berkata aku tidak cukup baik melakukan apa pun, bahkan ada yang menyebut aku tidak pernah berusaha, hal ini jadi sangat rumit untukku. Akhirnya aku mengambil kesempatan menjadikan semua itu sebagai bisnis,” kata Shoji Morimoto dilansir dari All Thats Interesting.

Tugas Shoji sebenarnya pun bukan hanya diam saja. Dia pernah dibayar hanya untuk menemani kliennya bermain jungkat-jungkit di sebuah taman, disewa hanya untuk tersenyum berseri-seri sambil melambaikan tangan dari jendela kereta, oleh seseorang yang benar-benar tidak dikenalnya. 

Shoji Morimoto juga pernah menemani minum seseorang yang baru saja bercerai tanpa berkata apa-apa, menemani klien berobat, memberikan semangat kepada klien saat lomba, hingga mengucapkan selamat tinggal seakan-akan dia adalah sahabat dari klien. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"