Viral Surat Kabar dengan Headline Lorem Ipsum, Apa Sih Artinya?

Viral Surat Kabar dengan Headline Lorem Ipsum, Apa Sih Artinya?

Beberapa waktu lalu, media sosial sempat heboh membahas sebuah surat kabar nasional yang mengalami kesalahan penulisan. Di bagian headline koran tersebut, ada tulisan Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, integer non magna vitae tellus.

Setelah makin rame pembahasan soal Lorem ipsum, warganet pun banyak yang mempertanyakan, apa sih artinya? Soalnya Lorem ipsum sendiri kayaknya nggak asing tapi nggak tau juga maksudnya apa. Yuk kita cari tau! 

Kegunaan Lorem ipsum

Kegunaan Lorem ipsum Lorem ipsum (pauklein.com)

Pada dasarnya sih, Lorem ipsum adalah teks yang digunakan industri DTP (Desktop Publishing) sebagai teks pengganti  waktu teks aslinya belum ada. Jadi, kata-kata tersebut dipakai buat mendemonstrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak.

Teks Bahasa Latin

Teks Bahasa Latin Lorem ipsum dalam layout majalah (agencepid.com)

Kata Richard McClintock, sarjana bahasa Latin dari Hampden-Sydney College, Lorem ipsum berasal dari teks bahasa latin. Ini karena dia menemukan kata semacam consectetur yang memang bahasa latin langka. Berdasarkan penelusuran McClintock pada kamus latin lalu mengantarkan dia pada tulisan dalam De Finibus Bonorum et Malorum yang ditulis oleh filsuf Romawi, Cicero, pada abad pertama SM.

Dalam tulisan tersebut, di bagian  1.10.32-33, ada kalimat neque porro quisquam est, qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit, sed quia non numquam eius modi tempora incidunt ut labore et dolore magnam aliquam quaerat voluptatem. 

Kata McClintock, lahirnya Lorem ipsum mungkin aja berkat penata cetak di abad ke-15 yang mengacak tulisan Cicero buat mencontohkan berbagai jenis tulisan. 

Arti Lorem ipsum

Arti Lorem ipsum Lorem ipsum digunakan dalam koran (wondershare.com)

Teks yang digunakan saat ini adalah: 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. 

Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Nah, ini artinya dalam bahasa Indonesia: 

Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. 

Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"