Kenapa Orang Eropa dan Amerika Menggunakan Tisu Toilet untuk Bersihkan Tinja daripada Pakai Air?

Kenapa Orang Eropa dan Amerika Menggunakan Tisu Toilet untuk Bersihkan Tinja daripada Pakai Air?

Kenapa orang Eropa dan Amerika menggunakan tisu toilet daripada air untuk membersihkan tinjanya? Soalnya, kebiasaan mereka berbeda dengan kebiasaan di Indonesia.

Sebelum menjawab, kita nggak bisa bilang mana yang lebih baik atau buruk nih gengs. Bukan soal "jorok" juga. Sebab, ini adalah budaya yang berbeda-beda dan udah berlangsung secara turun-temurun.

Soal kenapa mereka menggunakan tisu toilet juga punya sejarah panjang nih gengs. Dan cerita tentang tisu toilet juga gak lepas dari penderitaan pantat orang Eropa selama ribuan tahun.

Orang Eropa jaman dulu menggunakan kertas setelah BAB (finder.com.au)

Kertas toilet sebenarnya pertama kali ditemukan di China pada abad ke-2 Sebelum Masehi (SM). Dalam periode yang nggak begitu lama, kertas toilet ini sampe juga ke tanah Eropa. Orang-orang kemudian menggunakan untuk kebersihan pantat mereka.

Kemudian, ide menggunakan kertas toilet untuk kebersihan pantat juga dimulai di jaman Yunani Kuno. Padahal, peradaban ini udah punya budaya yang sangat tinggi. Mulai dari pengetahuan, filsafat, arsitektur, dan lain sebagainya.

Dramawan dan penyair terkenal Yunani Kuno bernama Aristophanes biasanya membawa 3 kerikil kasar atau 4 batu licin. Ya, untuk membersihkan pantat mereka setelah buang air besar (BAB). Sakit banget gak sih itu?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"