Contoh Program Kerja OSIS Agar Siswa SMA Pandai Berorganisasi

Contoh Program Kerja OSIS Agar Siswa SMA Pandai Berorganisasi

OSIS adalah wadah bagi siswa Sekolah Menengah Atas untuk mengasah kemampuan berorganisasinya. Hal ini tentu penting untuk membentuk karakter siswa dan juga memajukan kegiatan di sekolah. 

Sebagai sarananya siswa yang aktif di OSIS dapat membuat program kerja selama periode berada dalam organisasi. Kira-kira apa saja ya contoh program kerja osis yang bisa dijadikan acuan di sekolah masing-masing.

Siswa SMA (analisadaily.com)

1. Program memperingati hari raya besar keagamaan untuk masing-masing agama. Usahakan agar setiap agama yang dianut oleh siswa mendapatkan perayaan dan diikuti semua siswa yang ada. Hal ini dapat membentuk karakter toleran bagi siswa SMA.

2. Mengadakan bakti sosial termasuk penggalangan dana ketika ada bencana alam di suatu daerah. Tujuannya dari program ini adalah untuk membentuk jiwa empati, kepekaan sosial dan peduli dengan permasalahan yang ada disekitar.

Siswa SMA beprestasi (medan.tribunnews.com)

3. Melakukan pelatihan kepemimpinan, wawasan kebangsaan, dan bela negara. Jiwa nasionalis juga perlu dipupuk sejak dini. Mengenalkan siswa SMA dengan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia melalui wawasan kebangsaan dapat menumbuhkan sense of belonging siswa SMA menjadi satu bangsa, bangsa Indonesia.

4. Program pengembangan prestasi akademik, olahraga, atau bakat dan minat siswa SMA lainnya. Hal ini bisa dilakukan oleh pengurus OSIS dengan mendorong keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, membentuk kelompok-kelompok diskusi, serta mempersiapkan siswa yang ingin berkompetisi dalam bidang tertentu.

5. Siswa SMA juga dapat mengembangkan diri dalam bidang kreatifitas, keterampilan, dan kewirausahaan. Maka contoh program kerja OSIS untuk hal ini bisa meliputi pengadaan bazar atau pasar murah yang menjual barang-barang produksi siswa SMA sendiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"