Viral! Beginilah Eksperimen untuk Mengetahui Proses Cepat Persebaran Virus Corona di Restoran

Viral! Beginilah Eksperimen untuk Mengetahui Proses Cepat Persebaran Virus Corona di Restoran

Proses persebaran virus corona tuh sungguh cepat. Karena si virus kecil dan tidak akan terlihat, kita nggak pernah tau apa kita sudah terkena virus itu atau belum.

Nah, demi mengetahui proses persebaran virus corona atau Covid-19 ini, digelarlah sebuah eksperimen. Eksperimen ini dilakukan oleh NHK, perusahaan penyiaran nasional di Jepang. 

Restoran adalah tempat umum paling potensial untuk nyebarin virus corona (fortmcmurraytody.com)

Lokasi eksperimen itu adalah sebuah restoran. Kenapa di restoran? 

Restoran dipilih karena merupakan salah satu tempat umum yang ramai dikunjungi orang. Makanya, restoran amat potensial untuk persebaran virus. Meski kita sudah cukup memproteksi diri dengan menjaga kebersihan, kita nggak pernah tau di mana virus-virus itu bersembunyi.

Dalam video eksperimen yang beredar di media sosial itu, diketahui bahwa proses persebaran virus corona sangatlah cepat! Ternyata dibutuhkan waktu sekitar 30 menit aja untuk persebaran virus corona tersebut.

Video berdurasi 36 detik itu menunjukkan eksperimen yang dimulai dari satu orang yang duduk di dalam restoran. Orang itu diberi cat neon sebagai perumpamaan virus.

"Si pembawa virus" diberi cat neon sebagai "virus" (newsapi.com.au)

Saat eksperimen berlangsung, lampu restoran tetap menyala seperti biasa. Orang yang telah diberikan cat neon tadi disebut sebagai "si pembawa virus". Dia pun tetap melakukan aktivitas makan seperti biasa.

Orang itu mengambil menu makanan dan menyentuh peralatan makanan seperti piring, sendok, penjepit makanan, hingga segala benda yang berada di meja makan.

"Si pembawa virus" ini juga ngobrol santai dengan teman-temannya. Bahkan dalam jarak yang cukup dekat.

Setelah 30 menit berlalu, lampu restoran sengaja dimatikan. Cat neon tadi emang nggak akan kelihatan dalam kondisi terang. Dan ketika gelap, orang-orang bisa melihat jejak cat neon tadi yang awalnya cuma berada di tangan "si pembawa virus".



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"