Universitas Gadjah Mada Didirikan di Yogyakarta Era Belanda Berkuasa

Universitas Gadjah Mada Didirikan di Yogyakarta Era Belanda Berkuasa

Universitas Gadjah Mada (UGM) adidirikan pada tanggal 19 Desember 1949. UGM adalah perguruan tinggi negeri berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universiteit tanggal 16 Desember 1949.

Universitas Gadjah Mada Didirikan di Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada Didirikan di Yogyakarta (Instagram @ugm.yogyakarta)

Nama Gadjah Mada juga memiliki arti semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Teladan ini kemudian diterjemahkan menjadi rumusan jati diri UGM.

Pada awala Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta punya 6 fakultas. yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Pertanian.

Kegiatan perkuliahan masa itu masih dilakukan di Keraton loh. Belum punya bangunan sendiri gengs. Kuliahnya di Sitinggil dan Bangsal Pagelaran.

Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta, awalnya udah kayak kuliah alah priyayi dan bansawan aja ya.

Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta, tepatnya di Bulaksumur. Sekarang udah punya 18 Fakultas dan 2 Sekolah. Ada Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana.

Wisudawan UGM (Instagram @ugm.yogyakarta)

Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta merupakan kampus besar yang punya lebih dari 100 Program Studi untuk S-2, S-3, dan Spesialis. Kamu punya banyak pilihan kalau kuiah di UGM deh.

Sejarahnya Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta nih. UGM merupakan penggabungan dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta, Klaten dan Surakarta. Pantes ya jadi besar. Bergabung bersama gengs.

Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta awalnya diumumkan di Gedung KNI Malioboro pada tanggal 3 Maret 1946 oleh Mr. R. S. Budhyarto Martoatmodjo, Ir. Marsito, Prof. Dr. Prijono, Mr. Soenario, Dr. Soleiman, dr. Boentaran Martoatmodjo dan Dr. Soeharto.

Sebelum Universitas Gadjah Mada didirikan di Yogyakarta, NICA juga mendirikan Universiteit van Indonesia di Jakarta. Mereka kemudianmendorong dilakukan pertemuan dengan agenda mendirikan Balai Perguruan Tinggi pada tanggal 24 Januari 1946. Masih era Belanda dan awal kemerdekaan.

Sutaryo dan Suratman Woro mengatakan bahwa UGM berdiri saat Belanda kembali berusaha menguasai Indonesia. Tepat setelah berita kekalahan Jepang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"