Tren Hacker Bergeser Ke Peretasan Infrastruktur Penting Sebagai Ladang Bisnis

Tren Hacker Bergeser Ke Peretasan Infrastruktur Penting Sebagai Ladang Bisnis

Dilaporkan dalam beberapa bulan belakangan ini, serangan siber mengalami peningkatan. Kondisi itu juga menyebabkan adanya pergeseran target. Kini para hacker dilaporkan mulai menargetkan infrastruktur penting dan operasi bisnis yang lebih menguntungkan bagi pelaku peretasan.

ilustrasi ransomware (freepik)

Dilansir dari CNN, banyak orang yang menganggap serangan siber hanya sekedar upaya hacker untuk mencuri data sensitif atau uang lewat online. Namun saat ini, hacker telah menemukan sumber uang yang lebih signifikan karena itu mereka menargetkan infrastruktur fisik.

Serangan-serangan itu bisa berpotensi memicu “kekacauan” dalam kehidupan masyarakat, mulai dari menyebabkan kekurangan produk, naiknya harga, dan lainnya. Semakin besar gangguan, semakin besar kemungkinan perusahaan membayar kekurangan untuk meringankan beban yang akan mereka dapatkan.

Perusahaan cybersecurity Check Point Software, menyebutkan jika serangan ransomware meningkat sebanyak 102% dibandingkan awal tahun lalu. Ransomware sangat mengganggu karena memungkinkan hacker untuk mendapatkan akses ke sistem komputer dan mengganggu atau menguncinya hingga mereka mendapatkan bayaran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"