Era teknologi seperti sekarang perusahaan sudah tidak lagi menerima lamaran pekerjaan dalam bentuk fisik, seperti mengirim ke kantor perusahaan karena biasanya pihak HRD perusahaan itu melakukan proses rekrutmen dalam bentuk lamaran atau Curriculum Vitae (CV) yang dikirimkan melalui email langsung.
CV yang dibuat dengan menarik sepertinya tidak cukup karena ketika mengirimkan CV melalui email harus memperhatikan banyak hal. Jangan sampai salah besar dan tidak memperhatikan teknis sehingga kemampuan si calon pelamar tak menarik perhatian HRD karena salah mengirimkan CV dalam bentuk format di email.
1. Jenis Format CV
Saat mengirimkan CV sebaiknya dibuat dalam format document atau doc, atau bisa juga dengan PDF. File CV berformat PDF adalah standar umum dan banyak dipilih perusahaan besar di Indonesia dalam menerima CV pelamar. Meskipun ada juga perusahaan yang masih menerima CV dalam format doc karena bisa dibuka di Microsoft Word.
2. Jangan Lupa Isi Subject Email
Saat mengirimkan CV melalui email untuk tidak melupakan menuliskan subject di email. Biasanya subject di email harus mencantumkan posisi pekerjaan yang kita lamar. Jangan sampai HRD bingung, pelamar hendak mengirimkan CV untuk posisi pekerjaan yang mana. Jadi usahakan subject dilengkapi.
3. Kirim ke Beberapa Email HRD
Dalam pengumuman lowongan pekerjaan biasanya HRD mencantumkan alamat email lebih dari satu. Tidak ada salahnya kamu tidak hanya mengirim ke satu alamat email saja, karena agar tim HRD yang lain juga tahu ada CV yang dikirimkan kepada mereka sehingga kesempatan CV dilihat tim HRD jauh lebih besar.