Tips Hindari Ngantuk Saat Menyetir Mobil dalam Perjalanan Mudik

Tips Hindari Ngantuk Saat Menyetir Mobil dalam Perjalanan Mudik

Banyak pemudik memutuskan mengendarai mobil saat melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman. Saat perjalanan mudik pakai mobil kadang pengendara merasa mengantuk ketika sedang menyetir. Berikut beberapa tips hindari ngantuk saat menyetir mobil. Tips tersebut dilakukan agar perjalanan mudik aman dan lancar.

Tidur Cukup

Sebelum mengemudikan mobil dalam perjalanan mudik, usahakan pengemudi melakukan tidur yang cukup. Minimal tidur 7 sampai 9 jam sebelum memulai perjalanan. Tidur sebelum berangkat membuat kondisi tubuh menjadi segar dan bugar sehingga siap melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Istirahat

Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi ketika rasa kantuk datang. Pengemudi bisa langsung beristirahat di tempat istirahat seperti rest area yang tersebar di pinggir jalan tol. Saat istirahat di rest area bisa tidur selama 30 menit. Kemudian ketika tubuh sudah siap, bisa dimulai untuk memulai perjalanan

Jangan pernah sekali-sekali beristirahat di bahu jalan atau pinggir jalan tol. Sebab kendaraan yang terparkir di pinggir jalan tol bisa mengalami kecelakaan karena tertabrak kendaraan lain atau membuat kemacetan di jalan tol.

Tips Hindari Mengantuk Saat Menyetir Mobil (Detikcom)

Hindari Perjalanan Malam Hari

Tips hindari ngantuk saat menyetir mobil dalam mudik selanjutnya adalah masalah waktu di jalan. Banyak pemudik yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari karena menganggap kondisi jalan tol menjadi sepi. 

Justru jalanan yang sepi bisa memicu pengemudi untuk menambah kecepatan. Namun bila tidak hati-hati, bisa menyebabkan kecelakaan. Belum lagi waktu malam adalah waktu yang cocok untuk orang tidur atau istirahat. Melakukan perjalanan pada malam hari bisa menyebabkan rasa kantuk muncul. 

Namun jika memang harus melakukan perjalanan pada malam hari, usahakan untuk istirahat di rest area jika mengantuk. Kalau ingin tidur atau istirahat di tempat yang lebih nyaman, tak ada salahnya untuk menginap di hotel atau penginapan yang berada di daerah tersebut.

Punya “Sopir” Cadangan

Menghindari rasa ngantuk dalam menyetir mobil saat mudik adalah memiliki sopir cadangan. Sebab jika rasa mengantuk muncul maka pengemudi bisa bergantian dengan orang lain untuk melanjutkan perjalanan, sehingga pengemudi itu bisa istirahat atau bergantian.

Melakukan cara ini dianggap efektif karena tidak perlu membuang waktu untuk istirahat di rest area, karena ketika pengemudi mobil yang pertama kali mengemudi sedang istirahat masih ada orang lain yang mengemudikan mobil itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"