Tidak Ada Regenerasi, Daftar Ketua Umum Parpol Paling Lama Menjabat di Indonesia

Tidak Ada Regenerasi, Daftar Ketua Umum Parpol Paling Lama Menjabat di Indonesia

Partai Politik  atau parpol sedang melakukan banyak strategi jelang Pemilu yang akan berlangsung di tahun 2024 mendatang. Para Ketua Umum (ketum) partai juga sudah mengatur persiapan jelang Pemilu. Nah beberapa ketum parpol di Indonesia cukup banyak yang memimpin partai tersebut bertahun-tahun.

Jika Presiden dan Wakil Presiden masa jabatannya diatur oleh Undang-Undang termasuk maksimal dua periode, berbeda dengan ketum parpol yang memang dibebaskan karena tidak ada Undang-Undang yang mengikat. Makanya beberapa nama masih saja menjabat sebagai ketum seakan tidak mau melakukan regenerasi untuk memilih orang yang menggantikan mereka.

1.    Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri adalah ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Putri Soekarno itu menjadi ketum sejak tahun 1993. Kala itu partai yang dipimpin Megawati masih bernama Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Total hampir 30 tahun Megawati menjadi orang nomor satu di partai berlambang banteng moncong putih.

Padahal Megawati memiliki Puan Maharani yang kini menjadi Ketua DPR RI. Tapi kenapa Megawati tidak memberikan tongkat estafet kepada putri kesayangannya? Apakah Megawati belum yakin? Dalam setiang kongres pemilihan ketua memang nama Megawati selalu jadi yang terdepan dan terpilih terus-menerus.

Sebagai ketum partai besar di Indonesia dan juga mantan Presiden, Megawati memiliki kekayaan yang cukup besar. Harta kekayaan Megawati ditaksir mencapai Rp 214,6 miliar. Memang kekayaannya masih kalah jauh dari beberapa nama ketum lainnya.

Daftar Ketua Umum Parpol Paling Lama Menjabat di Indonesia (Bandung News)

2.    Surya Paloh

Partai NasDem awalnya hanya sebuah organisasi masyarakat atau ormas bernama NasDem. Namun jelang Pemilu 2014, ormas itu berubah menjadi partai politik. Tahun 2013 Surya terpilih menjadi ketua umum sampai sekarang. Total sekitar 9 tahun, pengusaha media ini menjadi orang nomor satu di NasDem.

Puluhan tahun jadi pengusaha harta kekayaan yang dimiliki Surya sangat besar. Ia adalah ketua parpol paling kaya di Indonesia karena ditaksir memiliki kekayaan mencapai Rp 6 triliun lebih.

3.    Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah 8 tahun menjadi ketua partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra. Nama besar Prabowo berhasil membesarkan partai berlambang burung garuda itu. Kabarnya pada 2024 nanti Gerindra akan kembali mencalonkan Prabowo sebagai Calon Presiden untuk yang kesekian kalinya.

Bicara soal kekayaannya, Prabowo merupakan ketua umum parpol terkaya nomor dua setelah Surya Paloh. Prabowo memiliki kekayaan mencapai Rp 2 triliun dari perusahaan yang ia miliki setelah berhenti berkarir dalam dunia militer.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"