Terpecahkan, Ini Alasan Kucing Mendekat Saat Dipanggil “Pus” Oleh Manusia

Terpecahkan, Ini Alasan Kucing Mendekat Saat Dipanggil “Pus” Oleh Manusia

Kucing adalah hewan yang dekat dengan manusia. Kucing dipelihara dan suka diberi makan oleh manusia. Salah satu keunikan kucing dibandingkan hewan lain adalah dengan mendekat saat dipanggil “pus”. Tahu nggak kenapa kucing mendekat saat dipanggil “pus” oleh manusia?

Ternyata jawaban itu ada penelitiannya lho. Seorang peneliti bernama Ivan Pavlov melakukan penelitian pada zaman dulu. Kala itu Pavlov sedang meneliti anjing. Ia selalu membunyikan lonceng saat hendak memberi makan anjing. Ternyata anjing itu selalu menoleh dan mendekat saat mendengar suara lonceng.

Setiap dengar suara lonceng, anjing akan mendekat kepada Pavlov karena waktu makan sudah tiba. Banyak orang yang akhirnya meniru apa yang dilakukan Pavlov kepada hewan lain termasuk kepada kucing pada zaman itu. 

Terpecahkan, Ini Alasan Kucing Mendekat Saat Dipanggil “Pus” (Kompas.com)

Kucing pun dulunya dipanggil dengan sebutan “pus” saat akan diberikan makan oleh manusia. Makanya setiap mendengar suara “pus”, kucing akan mendekati manusia karena waktu makan sudah tiba. 

Sejak dulu sampai sekarang orang-orang pun melakukan hal itu kepada kucing saat akan memberikan makan. Karena kebiasaan itu kucing terbiasa dengan panggilan “pus” sampai sekarang. Karena memang dari kebiasaan yang turun-temurun menjadi alasan kenapa kucing mendekat saat dipanggil “pus”.

Meski senang diberikan makanan oleh manusia, kucing memiliki hal unik. Kucing adalah bagian dari hewan mamalia yang tidak memiliki gen yang membuat bisa merasakan rasa manis lho. Biasanya hewan yang bisa merasakan rasa manis karena memiliki reseptor bernama T1R2 dan T1R3. Resistor jenis inilah yang tidak dimiliki oleh kucing.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"