TERPECAHKAN! Alasan Wajah Orang Maroko Mirip Orang Arab, Padahal Tinggal di Benua Afrika

TERPECAHKAN! Alasan Wajah Orang Maroko Mirip Orang Arab, Padahal Tinggal di Benua Afrika

Timnas Maroko tampil bagus di Piala Dunia 2022. Jika diperhatikan bentuk wajah dan warna kulit orang Maroko mirip dengan orang Arab. Padahal Maroko adalah salah satu negara yang terdapat di benua Afrika. Lalu kenapa orang Maroko terlihat seperti orang Arab berbeda dengan orang Afrika yang mayoritas berkulit hitam?

Ternyata menurut sejarah Afrika adalah benua yang sangat besar. Di dalam benua Afrika ada 50 negara dengan kultur, ras, serta bahasa yang berbeda. Bahkan wajah dan warna kulit pun berbeda-beda. Misalnya kawasan Afrika Utara yang dihuni negara seperti Maroko, Mesir, Tunisia, hingga Aljazair yang mirip dengan orang Arab.

Berbeda lagi dengan kawasan Afrika di bagian selatan, misalnya negara Afrika Selatan dimana di negara itu banyak orang-orang yang berkulit putih mirip dengan orang Amerika dan orang Eropa. Ternyata sebagian besar orang berkulit putih di Afrika Selatan karena keturunan imigran atau bangsa Eropa yang sudah lama menetap di Afrika Selatan.

Alasan Wajah Orang Maroko Mirip Orang Arab, Padahal Tinggal di Benua Afrika (Cheria Travel)

Dilansir Republika, seorang penulis bernama Nii Ntreh dalam laman face2faceafrica.com, mengatakan memang orang Afrika di bagian utara seperti orang Maroko mirip dengan orang Arab atau Eropa Mediterania. Secara geografis negara-negara itu memang berdekatan dengan kawasan Timur Tengah.

Ntreh menjelaskan bahwa percampuran itu lantaran adanya invansi bangsa lain ke Afrika Utara pada zaman dulu. Misalnya bangsa Arab yang mendatangi kawasan Afrika Utara pada abad ke-6 masehi, hingga invasi bangsa Eropa 500 tahun sebelumnya. Jadi banyak penduduk Arab dan Eropa yang menetap di negara seperti Maroko dan memiliki banyak keturunan.

Ntreh membuat kesimpulan bahwa orang Maroko sebelum kedatangan bangsa Arab dan Eropa memiliki sebutan yang disebut Barber sebagai facies nigroque colorus yang berarti wajah berwarna hitam. Wajah orang Maroko dan negara di Afrika Utara yang berkulit putih diduga karena bagian dari bangsa Hamit. Bangsa Hamit adalah bagian dari kulit putih yang merupakan bangsa asli Afrika.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"