Terpecahkan, Alasan Orang India Suka Mengaduk Makanan Pakai Tangan

Terpecahkan, Alasan Orang India Suka Mengaduk Makanan Pakai Tangan

Orang India  memiliki kebiasaan unik. Orang India suka mengaduk makanan pakai tangan. Meski sudah jadi kebiasaan dan budaya di India, hal itu bisa membuat para turis atau orang di luar India menganggap bahwa hal itu adalah jorok. Apakah tangan yang dipakai untuk mengaduk makanan bersih?

Selain senang mengaduk makanan atau membuat makanan pakai tangan, orang India juga punya kebiasan makan pakai tangan. Kebiasaan makan pakai tangan nampaknya mirip dengan kebiasaan orang Indonesia yang senang makan pakai tangan karena dianggap lebih nikmat daripada makan dengan alat makan.

Lalu kenapa orang India suka mengaduk makanan pakai tangan? Menyantap makanan dan mengaduk makanan ternyata sudah jadi tradisi makan orang India sejak dulu. Masyarakat India percaya jika mengaduk makanan dan makan pakai tangan maka manusia dapat berhubungan dengan makanan dan merasakan tekstur makanan itu.

Terpecahkan, Alasan Orang India Suka Mengaduk Makanan Pakai Tangan (Detikfood)

Mengaduk dan makan pakai tangan diyakini sebagai saluran lima elemen kehidupan yang ada di dunia, yakni udara, api, air, tanah, atau bumi, serta akaca yang disebut ruang angkasa. Sebenarnya di India terdapat banyak kuliner yang khas dan hanya bisa dimasak dan dimakan pakai tangan.

Makanan-makanan itu antara lain roti, pani puri, dan pay bhaji yang ternyata tidak bisa menggunakan alat bantu lain saat dimakan. Seorang selebgram yang menyukai hal-hal berbau India bernama Nyla Aprianti, menceritakan bahwa orang India suka makan pakai tangan karena jadi tradisi dari nenek moyang mereka.

Masyarakat India bahkan menyebutkan jika menyantap makanan pakai tangan adalah sesuatu yang biasa. Kadang orang lain melihat mereka jorok mengaduk dan makan pakai tangan, tapi jangan salah dulu karena mereka sebelum menggunakan tangan, kedua tangan sudah dicuci dengan bersih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"