Ternyata Planet Mars Mirip dengan Bumi, Simak Fakta-Faktanya~

Ternyata Planet Mars Mirip dengan Bumi, Simak Fakta-Faktanya~

Ternyata, planet Mars tuh mirip dengan Bumi gengs. Gak nyangka lho kalo planet merah ini punya beberapa kemiripan yang fundamental dengan planet tetangganya, Bumi.

Mirip sih mirip, tapi gak semua hal kok. Soalnya, planet itu kan juga belum dihuni. Sejumlah penelitian pun terus dilakukan di planet yang digadang-gadang akan menjadi daur hidup baru manusia dari Bumi.

Mars punya oksigen dan tekanan atmosfer yang tepat. Berbagai prediksi ilmiah pun membuat kehidupan manusia bisa jadi mungkin di sana. Dikutip dari Liputan6.com, kita simak yuk kemiripan planet Mars dengan Bumi.

Satu hari di Mars

Satu hari di Mars Sehari di Mars bisa 25 jam gengs (illvid.dk)

Siapa yang nyangka kalo planet tetangga kita, Mars, punya waktu yang hampir mirip dengan Bumi. Jika Bumi punya rentang waktu 24 jam sehari, Mars punya waktu sedikit lebih panjang.

Satu hari di Mars punya durasi lebih pajang 40 menit, jadi totalnya ya 24 jam 40 menit.

Ada air di Mars

Ada air di Mars Kayak begini kali ya kondisi air di Mars (kozmikanafor.com)

Temuan sumber air di Mars membuat para ilmuwan ngotot untuk menyebutnya sebagai "Bumi kedua". Temuan itu sudah dibuktikan berkali-kali. Mars bahkan punya kandungan air yang bisa mengalir seperti sungai. Fakta ini masih membikin bingung para ilmuwan.

Sayangnya, air di Mars hanya tersedia di musim panas Mars aja gengs. Begitu musim dingin, air di planet merah ini jelas bakal membeku.

Tumbuhan bisa hidup tuh di Mars

Tumbuhan bisa hidup tuh di Mars Adegan di film The Martian (businessinsider.com)

Kalo kalian udah pada nonton The Martian (2015), seseorang yang tertinggal timnya di Mars malah bikin koloni kecil di sana. Dia menanam kentang untuk kebutuhan pangan selama mungkin.

Nah, NASA sendiri percaya kalo tumbuhan tuh bisa hidup lho di Mars. Eksperimennya diadakan oleh NASA yang bekerja sama dengan International Potato Center di Peru.

NASA menanam kentang dalam sebuah kotak dengan tanah dan iklim yang dibuat serupa dengan Mars. Tumbuh kok, tapi itu kan tanah dari Bumi ya, bukan dari Mars langsung.

Peneliti pun masih belum mengetahui apakah tanaman bisa tumbuh subur di planet merah itu. Soalnya, tanah yang digunakan emang dari Bumi, strukturnya bisa aja berbeda dengan di lokasinya langsung.

Tapi kata para ilmuwan, Mars tetap potensial kok untuk menanam tanaman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"