Ternyata Ini Penyebab Gempa Bumi Malang, Pihak BMKG Beri Penjelasan

Ternyata Ini Penyebab Gempa Bumi Malang, Pihak BMKG Beri Penjelasan

Gempa bumi Malang hari ini terjadi pukul 14.00 WIB. Gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo tersebut ternyata tak cuma dirasakan warga Malang saja, karena beberapa warga di daerah sekitar Malang, turut merasakannya. 

Pihak BMKG pun memberikan penjelasan terkait gempa yang terjadi. Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, menyatakan jika gempa Malang  terjadi akiat adanya deformasi atau patahan di zona Benioff yaitu pada bagian Lempeng Indo - Australia yang menunjam dan menukik ke bawah lempeng Eurasia di bawah pantai selatan Malang.

Rumah Hancur Akibat Gempa di Malang (Dok.Istimewa)

Sementara itu titik gempa Malang memang berada di 25 kilometer di bawah laut pantai selatan Malang atau sekitar 96 kilometer dari pusat kota Malang. Memang kejadian gempa membuat banyak rumah dan bangunan terdampak gempa tersebut dan terjadi kepanikan warga. 

Gempa bumi Malang tahun 2021 ini menjadi kesekian kalinya terjadi. Sebelumnya Malang juga diguncang gempa pada tahun 1896, 1937, 1962, 1963, dan 1972.  Tentunya gempa yang terjadi hari ini juga dirasakan sampai kawasan Bali hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bangunan Hancur Pasca Gempa Malang (Dok.Istimewa)

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui jumlah korban jiwa atau luka-luka akibat gempa Malang hari ini. Termasuk total kerugian dari bangunan yang rusak akibat guncangan gempa bumi tersebut. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"