Gempa di Taiwan Berpotensi Tsunami, Gimana Kondisi WNI di Sana?

Gempa di Taiwan Berpotensi Tsunami, Gimana Kondisi WNI di Sana?

Rabu 3 April 2024 terjadi gempa di Taiwan. Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 ini berpotensi tsunami di wilayah Taiwan, Jepang, hingga Filipina. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut cukup banyak karena bekerja sebagai TKI. 

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) langsung melakukan pengecekkan apakah ada WNI yang menjadi korban gempa di Taiwan. Juru bicara Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal mengatakan tidak ada WNI yang menjadi korban gempa. “Sejauh ini tidak ada WNI yang jadi korban gempa di Taiwan,” katanya kepada wartawan.

Memang saat berita ini ditulis sejumlah pihak masih melakukan evakuasi untuk mengecek bangunan-bangunan yang terdampak gempa termasuk apakah ada orang yang dinyatakan hilang atau meninggal dunia.

Gempa di Taiwan (Tribun Jogja)

Menurut kantor berita AFP setidaknya tujuh korban dilaporkan meninggal dunia dan ratusan orang menderita luka-luka. Terkait jumlah bangunan yang mengalami rusak ringan hingga rusak berat masih dilakukan pengecekkan. “Ada korban meninggal saat mendaki bukit pagi hari. Bukit itu mengelilingi kota karena tertimpa batu besar,” jelas salah satu pejabat di Taiwan.

Pusat gempa di Taiwan berada di 18 kilometer sebelah selatan Kota Hualien pada kedalaman sekitar 34,8 km. Karena pusat gempa berada di bawah laut menyebabkan gelombang tinggi bisa terjadi di beberapa daerah perairan di Taiwan, Jepang, dan Filipina. 

Hal itu menyebabkan penduduk yang berada di wilayah perairan di tiga negara tersebut untuk mengantisipasi munculnya gelombang tingga pasca gempa. Banyak warga yang mulai dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi agar selamat dari datangnya tsunami.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"