Ternyata Ini Asal Usul Kenapa Kalimantan Juga Disebut Sebagai Borneo, Sudah Tahu Belum?

Ternyata Ini Asal Usul Kenapa Kalimantan Juga Disebut Sebagai Borneo, Sudah Tahu Belum?

Kamu tentu tahu bahwa salah satu dari lima pulau besar di Indonesia, Kalimantan, juga sering disebut sebagai Borneo. 

Pulau ini sangat besar, nomor 3 di dunia, memiliki hutan tropis yang sangat luas dan tebal. Selain itu, tidak seperti pulau Jawa, alam Pulau Kalimantan masih sangat bagus karena belum banyak pembangunan di sana. Yah, meskipun sebentar lagi ibu kota negara Indonesia dipindah sih. 

Tapi, kamu sudah tahu belum kenapa Kalimantan sering disebut sebagai Borneo? Penasaran gak dengan asal usul nama Borneo untuk Kalimantan? Kalau iya, yuk baca bagian selanjutnya!

Alam Kalimantan yang Indah (merahputih.com)

# Mengapa Kalimantan Disebut Borneo

Ada 3 versi asal usul arti kata nama Borneo.

Versi pertama. Mengutip Havoc Weird, sebutan Borneo ini berasal dari "Brunei". Pada zaman itu, bangsa Eropa sulit menyebut nama Brunei, jadilah yang keluar bukan Brunei tapi Borneo.

Nama itu diidentikkan dengan nama Kerajaan Brunei. Pada abad ke-8 hingga ke-9, catatan seorang utusan kerajaan Tiongkok menyebut Kalimantan sebagai Po-Ni, Po-Po-Li, atau Bun-Lai. Nama Bun-Lai tentu mirip dengan nama Brunei.  

Ada juga versi lain asal usul nama Borneo. Konon, Borneo berasal dari nama sebuah pohon pada abad ke-15 yang banyak tumbuh di wilayah tersebut, bernama Borneol. Para pedagang dari Eropa lah yang menamainya Borneol.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"