Penuh Filosofi, Ini 4 Keunikan Rumah Adat Lamin di Kalimantan Timur

Penuh Filosofi, Ini 4 Keunikan Rumah Adat Lamin di Kalimantan Timur

Kalau kamu pernah melihat rumah ada joglo dari Jawa Tengah dan rumah gadang dari Sumatera Barat, kamu juga wajib tahu nih keunikan rumah adat lamin di Kalimantan Timur yang disebut memiliki filosofi tersendiri. Apa yang kamu ketahui tentang bangunan ini?

Kalimantan Timur memiliki keberagaman budaya dan adat istiadat yang kaya, termasuk berbagai jenis rumah adat yang unik di setiap suku. Sebagai informasi, rumah lamin merupakan rumah adat khas masyarakat suku Dayak di Kalimantan Timur. Lamin sendiri berarti rumah panjang yang bisa dihuni oleh 100 orang lebih. Wah besar banget ya.

Selain bisa menampung banyak orang, masih ada lagi keunikan lain dari rumah adat Lamin yang membuatnya berbeda dari rumah adat lainnya. Apa saja? Yuk kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Ukurannya Panjang dan Besar

Keunikan Rumah Adat Lamin di Kalimantan Timur (via Kebudayaan Kemdikbud)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rumah lamin adalah rumah panjang. Rumah ini memiliki panjang sekitar 100–200 meter, dengan lebar 15–25 meter, dan tinggi kurang lebih 3 meter. Karena ukurannya yang cukup besar, maka rumah ini bisa dihuni oleh 12-30 kepala keluarga.

2. Diisi Banyak Keluarga



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"