Ternyata Begini Loh Cara Mencuci Pesawat Terbang, Penasaran?

Ternyata Begini Loh Cara Mencuci Pesawat Terbang, Penasaran?

Sama seperti alat transportasi yang lainnya, pesawat terbang perlu dijaga kebersihannya. Maka dari itu maskapai penerbangan memiliki petugas yang khusus untuk mencuci pesawat terbang. Karena memiliki ukuran yang besar, tahu nggak sih bagaimana cara mencuci pesawat terbang? Apakah menggunakan alat khusus?

Mencuci pesawat diperlukan untuk meningkatkan performa pesawat dan mencegah adanya kerusakan. Kotoran debu yang menempel dapat membuat pesawat lebih berat sehingga bahan bakar menjadi boros serta pesawat kurang aerodinamis. Berikut beberapa cara untuk mencuci pesawat.

Sebelum pesawat dicuci, petugas menutup bagian-bagian vital pesawat lebih dulu seperti mesin, sensor, katup, dan bagian penting lainnya.  Hal itu dilakukan supaya bagian penting tidak kemasukan air sehingga menyebabkan kerusakan. 

Ternyata Begini Loh Cara Mencuci Pesawat Terbang (flightzona)

Pada bagian tertentu yang lebih banyak kotoran salah satunya seperti badan pesawat, didahulukan dengan menyiram sabun dan dilanjutkan dengan menggosok bagian-bagian kotor dan barulah disiram air bertekanan tinggi. Semua dilakukan dengan manual, kecuali membilas air yang dilakukan oleh mesin.

Pesawat dapat dicuci dengan air atau deterjen. Pencucian basah menggunakan pancuran air bertekanan tinggi dan deterjen khusus. Pencucian basah dilakukan maskapai yang mampu mengurangi frekuensi pembersihan. 

Sementara pencucian kering adalah teknik baru dengan memakan bahan pembersih di permukaan pesawat, kemudian dihapus dengan lap atau kain dan tak butuhkan banyak air.

Teknik pembersihkan pesawat berbeda-beda. Masing-masing membutuhkan waktu yang berbeda juga. Ada maskapai penerbangan yang membutuhkan waktu selama 8-24 jam untuk membersihkan pesawat. United Airlines, membutuhkan waktu lima jam dengan lima orang membersihkan bagian luar pesawat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"