Terkuak! Alasan 'Misterius' Presiden Jokowi Gak Betah Tinggal Di Istana Merdeka, Singgung Dinding Berbicara

Terkuak! Alasan 'Misterius' Presiden Jokowi Gak Betah Tinggal Di Istana Merdeka, Singgung Dinding Berbicara

Presiden Joko Widodo  atau Jokowi  sampai saat ini menolak untuk tinggal di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Di awal kepemimpinannya, Jokowi dan sang istri, Iriana memang sempat tinggal sebentar di Istana Merdeka tapi akhirnya memilih untuk menetap di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Keputusannya ini pun menjadi pertanyaan banyak pihak. Sampai akhirnya ‘misteri’ itu akhirnya terungkap. Bukan tanpa alasan, rupanya Presiden Jokowi merasakan ada ‘ketakutan’ tersendiri kalau dia harus tetap tinggal di Istana Merdeka.

Salah satu alasannya lantaran dinding sampai perabotan di istana yang kerap disebut bisa ‘berbicara’. Kisah ini diceritakan secara jelas dalam buku Panda Nababan Lahir Sebagai Petarung: Sebuah Otobiografi, Buku Dua: Dalam Pusaran Kekuasaan.

Di cerita yang dirangkum dalam bagian atau bab buku berjudul ‘Dinding Istana Pun Bisa Bicara’, politikus senior PDIP, Panda Nababan, mengatakan bahwa Jokowi bukan satu-satunya presiden yang tidak betah tinggal di Istana Merdeka.

Foto: Presiden Jokowi di Istana Merdeka (Economic Zone)

Rupanya, hanya ada dua presiden yang merasa nyaman berada di Istana Merdeka, Jakarta yakni Presiden ke-1 RI, Ir. Soekarno dan Preisden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau yang kerap dipanggil Gus Dur. Presiden Jokowi dan Iriana hanya tinggal sebentar di Istana Merdeka.

“Awalnya, setelah setahun menjadi Presiden, Jokowi memang memilih tinggal di Istana Merdeka, Jakarta, dan sesekali menginap di Istana Bogor. Namun, kemudian, Jokowi lebih memilih tinggal di Istana Bogor,” tulis Panda Nababan dalam bukunya.

Panda Nababan yang penasaran lantas menanyakan kepada Jokowi apa yang membuatnya pindah dari Istana Merdeka ke Istana Bogor. Mantan Wali Kota Surakarta itu pun mengaku tidak nyaman. Dia kemudian menyinggung tentang dinding hingga perabotan di istana yang bisa berbicara.

“Jokowi mengatakan kepada saya, dirinya merasa tidak nyaman dan aman tinggal di Istana Merdeka,” kata Panda Nababan. Lalu apa alasan sebenarnya yang membuat Jokowi tidak nyaman dan betah tinggal di Istana Merdeka, Jakarta Pusat? “Meja, kursi, pintu, dan dinding bisa bicara,” begitu jawaban Jokowi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"