Terjawab Sudah! Pintu Pesawat Terbang Selalu Berada di Sebelah Kiri karena Alasan Ini

Terjawab Sudah! Pintu Pesawat Terbang Selalu Berada di Sebelah Kiri karena Alasan Ini

Pintu pesawat terbang selalu berada di sebelah kiri. Sebagai penumpang apakah kamu pernah bertanya kenapa pintu pesawat ada di bagian kiri pesawat? Penempatan pintu pesawat yang selalau ada di kiri ternyata dilakukan untuk memisahkan aktivitas para penumpang dengan kru di luar pesawat.

Dilansir dari Liputan6.com, selain mengangkut penumpang, pesawat juga mengangkut barang-barang milik  penumpang yang berada di bagasi karena tak masuk ke dalam kabin. Agar pekerjaan para kru tidak terganggu, maka pintu pesawat diletakan di sebelah kiri, sementara bagasi selalu berada di sebelah kanan.

Sejak dulu pabrikan pesawat selalu meletakan pintu di sisi kiri karena dirancang menggunakan standar tersebut. Salah seorang mantan Pilot Angkatan Udara Amerika Serikat pernah mengatakan bahwa Bandara disiapkan agar pesawat

bisa menerima taxi (proses jalan di darat menuju runway) di depan terminal dan berhenti mengeluarkan penumpang, agar pilot bisa mempertimbangkan jarak ruang sayap dari gedung terminal dan memasak pintu pesawat di depan pintu  terminal.

Ilustrasi Pintu Pesawat Terbang (Liputan6.com)

Alasan lainnya terungkap jika pintu pada bagian kiri pesawat dijadikan akses pintu masuk dan keluar karena pada bagian sisi kanan terdapat tangki bahan bakar pesawat sehingga lebih balik kalau penumpang menggunakan pintu di arah sebaliknya yakni kiri.

Bicara tentang posisi kiri, selain pintu pesawat ternyata juga tempat duduk kapten pilot selalu duduk di sebelah kiri di kokpit pesawat. Teori ini berkaitan dengan tradisi yang mengharuskan kapal melewati satu sama lain di posisi kiri, untuk menghindari tabrakan dengan pesawat lainnya, pilot mengadopsi tradisi itu untuk mengukur jakar yang diperlukan, sehingga mereka diharuskan duduk di sebelah kiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"