Terjawab, Kenapa Masinis Commuter Line Selalu Pakai Sarung Tangan, Sementara Masinis Kereta Jarak Jauh Tidak

Terjawab, Kenapa Masinis Commuter Line Selalu Pakai Sarung Tangan, Sementara Masinis Kereta Jarak Jauh Tidak

Jika diperhatikan masinis kereta Commuter Line atau KRL menggunakan sarung tangan saat bertugas di dalam kabin masinis. Hal ini berbeda dibandingkan dengan masinis kereta jarak jauh yang tidak pernah memakai sarung tangan ketika bertugas menjalankan kereta dari daerah satu ke daerah lain.

Ternyata alasannya masinis Commuter Line menggunakan sarung tangan karena Commuter Line adalah kereta rel listrik. Sebagai  masinis dituntut untuk mengendalikan kereta dengan baik sepanjang perjalanan. Masinis Commuter Line harus memiliki keahlian dibandingkan masinis kereta api jarak jauh.

Masinis Commuter Line harus bisa mencengkram saat mengoperasikan KRL, misalnya sarung tangan bisa mengurangi efek licin pada bagian telapak tangan akibat keringat, karena bisa mempengaruhi handle control di kabin masinis.

Masinis Commuter Line Menggunakan Sarung Tangan (Topcareer)

Dilansir dari Instagram @curhatkrl, masinis memakai sarung tangan bisa  mencegah munculnya arus listrik berlebih yang mengalir dari bagian pantograf ke handle control atau sakelar-sakelar panel control yang berada di kabin lokomotif.

Lalu kenapa justru masinis kereta jarak jauh tidak mengenakan sarung tangan? Sebab kereta jarak jauh adalah kereta diesel bukan kereta listrik. Bagian lokomotifnya pun menggunakan diesel bukan dari listrik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"