Terbaru Reog Malaysia, Ini 4 Alasan Budaya Indonesia Mudah Diklaim Negara Lain, Nomor 4 Dianggap Aspek Paling Penting

Terbaru Reog Malaysia, Ini 4 Alasan Budaya Indonesia Mudah Diklaim Negara Lain, Nomor 4 Dianggap Aspek Paling Penting

Pengguna media sosial di Indonesia dibuat murka setelah mengetahui kabar kalau Malaysia akan mengklaim  Reog  sebagai warisan budayanya ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO ).

Dikutip dari Detikcom, wacana pemerintah Negeri Jiran ini disampaikan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi. Malaysia akan mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo sebagai barongan.

Foto: Budaya Indonesia Diklaim (Republika)

“Untuk Reog, Negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” ungkap Muhadjir belum lama ini.

Netizen pun langsung meramaikan tagar #savereogponorogo. Mereka juga mendesak pemerintah untuk segera mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya Indonesia. Seiring dengan hal ini, publik bertanya-tanya mengapa budaya Indonesia mudah diklaim negara lain. Terkait hal ini dirangkum dari berbagai sumber, empat poin berikut mungkin bisa menjadi alasannya.

1.    Tidak Ada Aturan Jelas

Klaim budaya yang menjadi indentitas bangsa Indonesia ini bisa terjadi karena faktor dari dalam bangsa Indonesia sendiri seperti tidak adanya aturan jelas yang mengantur perlindungan kebudayaan Indonesia. Maksud dari aturan yang kurang jelas ini bisa berupa pasal secara tertulis. Jadi kalau ada yang melanggar aturan tersebut bisa dikenakan sanksi.

2.    Kurangnya Sosialisasi Budaya Indonesia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"