Indonesia Gigit Jari! Ada 6 Negara yang Diklaim Akan Bebas dari Bencana Alam

Indonesia Gigit Jari! Ada 6 Negara yang Diklaim Akan Bebas dari Bencana Alam

Setiap tahun ada saja musibah bencana alam  yang terjadi di Indonesia. Mulai dari gempa bumi, banjir, tanah lonsor, dan gunung meletus. Jika bencana alam sudah menjadi “sahabat” Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang disebut bebas dari bencana alam.

Negara-negara tersebut disinyalir bebas dari bencana alam bukan hanya faktor geografisnya melainkan di negara tersebut sudah menyiapkan beragam fasilitas keamanan dan infrastruktur yang canggih dan kokoh sehingga siap menghadapi datangnya musibah bencana alam. Mungkin Indonesia bisa belajar dari ke-6 negara berikut ini.

1.    Qatar

Negara pertama berada di tanah timur tengah yakni Qatar. Negara kaya yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini menjadi salah satu negara paling aman setelah masuk dalam daftar yang dikeluarkan The World Risk Report. Letak geografis Qatar jauh dari garis patahan bumi, sehingga negara ini sulit terjadi gempa bumi dan gunung meletus.

Ada 6 Negara yang Diklaim Akan Bebas dari Bencana Alam (Dunia Tempo.co)

2.    Arab Saudi

Arab Saudi berdekatan dengan Qatar. Sudah pasti negara yang kaya akan minyak bumi ini memiliki kondisi geografis yang hampir sama dengan Qatar. Arab Saudi jarang mengalami gempa dan kondisi seperti gunung meletus dan banjir. Selain itu pemerintah setempat sudah memiliki sistem keamanan yang canggih untuk menyelamatkan warganya dari bahaya bencana alam.

3.    Malta

Bergeser ke Eropa ada negara kecil bernama Malta. Meski negara ini tak sepopuler Inggris, Italia, atau Jerman, namun justru negara ini dianggap aman dari bencana alam. Lokalsi Malta memang berada di selatan kawasan Laut Mediterania. Meski dekat laut dan berada dekat garis patahan lempeng Eropa namun sepanjang sejarah patahan tersebut jarang menyebabkan gempa bumi.

4.    Barbados

Mendengar nama negara Barbados pasti yang diingat adalah penyanyi Rihanna yang berasal dari negara kepulauan di Karibia. Lokasi Barbados cukup aman dari bencana alam meski berada di kepulauan. Pemerintah sudah menyiapkan banyak hal agar bencana alam tidak terjadi. Makanya negara itu menjadi pilihan turis berlibur karena keamanan dari bencana alam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"