Sudah Tahu Belum, Kenapa Baju Petugas Kebersihan Warnanya Oranye?

Sudah Tahu Belum, Kenapa Baju Petugas Kebersihan Warnanya Oranye?

Petugas kebersihan identik dengan warna oranye karena pakaian atau baju yang mereka kenakan berwarna oranye. Karena memakai baju warna oranye makanya para petugas kebersihan ini mendapatkan julukan sebagai pasukan oranye dari masyarakat di Indonesia. 

Sebenarnya tahu nggak sih apa alasan petugas kebersihan menggunakan baju warna oranye? Usut punya usut ternyata warna oranye dipilih karena masuk dalam kategori warna yang cerah atau mencolok. 

Aturan petugas kebersihan mengenakan baju warna cerah ternyata tidak hanya di Indonesia karena di negara-negara di luar Indonesia pun memiliki aturan tersebut. Terutama petugas kebersihan yang bertugas membersihkan kawasan dekat jalan raya dan memiliki risiko pekerjaan yang cukup berbahaya.

Sudah Tahu Belum, Kenapa Baju Petugas Kebersihan Warnanya Oranye (Baju Seragam)

Penggunaan baju warna oranye atau warna cerah lainnya memiliki tujuan supaya pengendara kendaraan yang melintas bisa melihat keberadaan para petugas yang sedang membersihkan jalanan dari jarak jauh, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Para petugas kebersihan di jalan banyak yang bekerja mulai dari tengah malam hingga menjelang pagi hari. Dua waktu tersebut dipastikan kondisi hari gelap dan belum terang karena munculnya sinar matahari sehingga cahaya memang sangat kurang. Baju oranye yang dipakai petugas kebersihan bisa terlihat oleh pengendara saat hari masih gelap.

Meskipun petugas kebersihan sudah mengenakan pakaian dengan warna yang mencolok, namun tetap saja beberapa kali ada petugas yang menjadi korban kecelakaan karena ditabrak oleh pengendara mobil atau motor yang sedang melintas. Bahkan tak sedikit petugas kebersihan yang meninggal dunia akibat kejadian itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"